Inilah Perbedaan Cyber Criminal dengan Hacker, Jangan Salah ya!

Perbedaan Cyber Criminal dengan Hacker, AndroidSeluler.com ~ Tak Sedikit orang yang member cap buruk bahkan mengatakan hacker merupakan pelaku kejahatan dan identik dengan Cyber criminal. Meskipun memang kegiatan ‘peretasan’ dan ‘pembobolan’ merupakan tindakan negative, namun faktanya tidak semua hacker itu pelaku kejahatan Cyber.

Pasalnya ada juga yang memang diperintah untuk meretas suatu sistem atau perangkat demi kebaikan si pemilik atau pihak yang berwenang.

Sebenarnya Cyber Criminal dan Hacker merupakan hal yang berbeda. Nah untuk lebih jelas dalam mengetahui perbedaan tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Cyber Criminal dengan Hacker

Apa Itu Hacker?

Hacker ialah orang atau kumpulan orang yang mempelajari, menganalisa, atau bahkan jika menginginkannya, dia atau mereka bisa membuat, memodifikasi hingga mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah system ataupun perangkat

Yang dimaksud sistem di atas adalah seperti program-program komputer, administrasi, dan lain sebagainya. Bahkan, hacker juga mampu menjelajah atau membuat sistem keamanan ataupun memodifikasinya.

Apa Itu Cyber Criminal?

Cyber criminal adalah orang yang memanfaatkan teknologi seperti komputer atau perangkat lainnya untuk melakukan tindakan kriminal. Aksi ini biasanya dilakukan untuk mengakses satu atau lebih sistem komputer dengan tujuan mencuri informasi, membuat sistem menjadi offline, memodifikasi, bahkan sampai merusak sistem tersebut.

Tentu saja, sistem yang dimaksud di atas adalah sistem yang nilainya penting dan bersifat krusial. Sistem tersebut seperti keamanan, finansial, dan lain sebagainya.

Meskipun sama sama membuat dan memodifikasi ataupun menerobos, tapi anda bisa membedakannya dengan melihat tujuannya. Jika tujuannya untuk kejahatan maka bisa masuk kategori kejahatan cyber yang biasa dikenal dengan Black Hat.

tapi jika tindakan tersebut dilakukan untuk mengetahui sisi lemah atau kekurangan pada suatu system atau perangkat untuk bekal evaluasi yang mana sebagai bahan perbaikan maka bukanlah suatu kejahatan yang dikenal sebagai White Hat.

Untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu White Hat?

White hat adalah orang atau hacker yang menyelidiki serta menemukan kelemahan-kelemahan dalam sebuah sistem. Tujuannya adalah biar sistem dapat diperbarui dan keamanannya itu ditingkatkan lagi. Aktivitas white hat hacker ini legal, dan memang diminta oleh klien.

Apa Itu Black Hat?

Black hat adalah orang yang mengerti dengan ilmu sistem dan menggunakannya untuk tindakan kriminal. Nah, black hat hacker juga bisa disebut cyber criminal, karena aktivitasnya itu bersifat ilegal dan merugikan orang lain.

Jadi, tidak semua hacker adalah pelaku Cyber Criminal Seperti White Hat ini, Namun Jika Black Hat sudah pasti menjadi Pelaku Kriminal cyber.

Baca juga:

Itulah tadi perbedaan hacker dan cyber criminal serta bedanya white hat dan black hat. Jadi sekarang anda sudah tahu bukan tidak semua hacker itu pelaku kejahatan cyber? Tulis pendapat anda mengenai hal ini di kolom komentar ya. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *