Istilah dalam Mobile Legends beserta Arti dan Penjelasannya Terlengkap

Istilah Mobile Legends beserta Arti dan Penjelasannya Terlengkap

Istilah dalam Mobile Legends, AndroidSeluler.com ~ Meski familiar dengan banyaknya istilah di Mobile Legends, kadang kita belum tahu arti dan maksud yang sebenarnya. Kali ini kami akan mengulasnya secara tuntas dalam artikel ini.

Download Mobile Legends for Android

Mobile Legends adalah permainan di android mobile berbasis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang paling populer di Indonesia dengan aplikasinya yang mencapai lebih dari 100 juta download dan lebih dari 20 juta diantaranya adalah pemain aktif. Kamu bisa mendownload Mobile Legends.

Dengan popularitas yang sangat besar tersebut, penambahan pemain baru dalam jumlah besar setiap harinya adalah hal yang lumrah. Dan seperti halnya game lain, setiap pemain dituntut untuk mengerti cara bermain termasuk istilah-istilah yang ada pada game tersebut.

Memahami keseluruhan game Mobile Legends dari tutorial singkat bukanlah perkara yang mudah apalagi game MOBA satu ini termasuk salah satu game sulit yang tidak bisa dimainkan oleh setiap orang. Apalagi dalam permainan Mobile Legends banyak sekali kita temukan istilah-istilah yang cukup asing dan membingungkan bagi para pemula.

Untuk mengatasi kebingungan para pemain pemula terhadap istilah Mobile Legends yang lumayan banyak tersebut, disini kami telah merangkum dan mencoba menjelaskannya dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah mengerti.

Arti Istilah di Mobile Legends dan Penjelasannya

Berikut ini adalah rangkuman arti istilah-istilah penting dalam Mobile Legends terlengkap berikut penjelasannya buat pemula!

AFK : Away From Keyboard

Istilah AFK dalam mobile legends ini merupakan kondisi dimana pemain meninggalkan permainan ketika pertandingan sedang berlangsung. AFK adalah tindakan yang terlarang dalam Mobile Legends karena akan mengakibatkan pertarungan tidak seimbang dan berimbas pada kekalahan tim.

Pemain yang melakukan AFK baik disengaja maupun karena faktor putusnya koneksi internet akan dikenakan sanksi berupa pengurangan poin dari 3 hingga 7 poin.

Assassin

arti isltilah Assassin dalam Mobile Legends

Istilah Assasin merupakan salah satu role hero dalam Mobile Legends yang bertugas membunuh hero carry musuh dengan cepat lalu melarikan diri secepat mungkin sebelum temannya musuh datang.

ATM/Beban/Feeder

ATM, atau Beban atu Feeder merupakan istilah Mobile Legends untuk pemain yang lebih banyak dibunuh daripada membunuh musuh. Pemain ATM sangat merugikan tim karena musuh akan mendapatkan keuntungan berupa kenaikakan experience dan gold dari kematiannya.

Banned

Hero yang tidak diperbolehkan untuk dipilih dalam pertandingan rank untuk tier Epic ke atas. Hero yang dibanned biasanya adalah hero yang terlalu OP atau dirasa akan menyusahkan apabila dipilih oleh lawan.

Bottom

istilah Bottom atau Bottom Lane adalah jalur yang terletak pada sisi kanan map. Jalur ini mengarah ke markas musuh dan terdapat turet pelindung disepanjang jalannya. Jalur ini di awal game biasanya dilalui oleh hero tipe Mage, Support atau Tank.

Buff

ArtI istilah Buff dan penjelasannya dalam Mobile lagends

Arti Buff adalah status tambahan berupa penambahan experience, gold atau status ketika membunuh monster-monster tertentu yang ada di hutan.

Buta Map

Pemain yang maju sembarangan tanpa melihat kondisi pada mini map. Pemain buta map biasanya adalah pemain baru yang belum memahami posisi teman dan lawan di map.

Carry

Carry adalah Istilah Mobile Legends yang merujuk pada hero tipe Marksman atau bisa juga Mage/Fighter/Assassin tertentu yang bertugas memberi damage besar pada musuh dan menjadi penentu kemenangan tim di akhir permainan.

Crit Chance : Critical Chance

Crit Chance adalah kesempatan untuk mengeluarkan tambahan damage ekstra kepada musuh. Crit Chance didapat dari membeli item tertentu seperti Berseker’s Fury atau Scarlet Phantom. Beberapa hero bertipe MM, Fighter dan Assassin sangat tergantung pada item penambah Crit Chance. Contohnya Lesley.

Damage

Damage merupakan efek kehancuran dari sebuah skill serangan di Mobile Legeds. Istilah Damage sendiri ada beberapa macam.

  • Burst Damage: Artinya skill ber-damage besar dengan serangan yang sangat cepat. Contohnya Chow, Karrie, Gossen, Freya, Hayabusa, dan Natalia.
  • Specialty Damage atau spesial damage : Merupakan skill dengan damage besar namun tak secepat Burst Damage
  • True Damage : adalah skill serangan yang ber-damage paling besar dan tidak bisa ditahan oleh apapun. Biasanya, angka yang tertera pada status sama persis dengan angka yang muncul di dalam game

CD : Cooldown

Arti CD atau Cooldown di Mobile Legends adalah interval waktu yang dibutuhkan oleh salah satu skill hero untuk mereset hingga akhirnya bisa digunakan kembali. Skill Ultimate biasanya memiliki cooldown yang paling lama dari skill lainnya.

Durability

Arti Durability di mobile legend merupakan kapasitas HP yang menunjukkan berapa lama kemampuan seorang pemain dapat bertahan.

Early Game

Rentang waktu permainan dimana dihitung dari dimulainya pertandingan hingga menit kedua. Early game adalah tahap krusial dimana pemain harus mengumpulkan gold sebanyak-banyaknya dan cepat menaikkan level setinggi mungkin. Biasanya kemenangan ditentukan oleh bagaimana performa masing-masing anggota tim di early hingga mid game.

Fanny Darat

Arti istilah Fanny dan penjelasannya di Mobile Legends

Istilah untuk pengguna Hero Fanny yang tidak bisa menggunakan skill kabelnya untuk terbang, jadi hanya berjalan-jalan di darat saja. Biasanya Fanny Darat adalah pemain yang tidak bisa atau belum menguasai Hero Fanny dan cenderung menjadi beban dalam tim.

Farming/Jungle/Jungling

Farming/jungle atau Junglin berati membunuh monster hutan yang terdapat pada titik-titik tertentu dalam peta guna mendapatkan tambahan status HP reagen, experience maupun gold.

Fighter

Arti dan istilah Fighter dan penjelasannya di Mobile Legends

Fighter merupakan salah satu role hero yang ada di Mobile Legends. Hero Fighter memiliki ciri-ciri yaitu petarung jarak dekat, memiliki kemampuan bertahan terhadap serangan musuh yang lebih baik daripada Marksman, Mage dan Assassin dan daya serangannya akan semakin kritis seiring meningkatnya level dan item hero tersebut.

Beberapa hero fighter adalah carry di akhir permainan, namun sering kali malah menjadi beban apabila tidak bisa menggunakan hero role ini.

First Blood

First Blood adalah stilah Mobile Legends untuk darah pertama yang tumpah dalam pertandingan. Atau bahasa sederhananya pemain yang heronya pertama kali tewas dalam pertempuran.

Gank

Istilah Gank ini merupakan sinonim dari mengeroyok dalam bahasa Indonesia. Ganking berarti mengumpulkan teman untuk mengeroyok musuh yang kebetulah solo atau berjalan sendirian di lane.

GG/GGWP : Good Game/Good Game Well Played

GG/GGWP adalah pujian untuk satu atau beberapa rekan setim karena telah bermain bagus, misalnya hero tersebut banyak mengumpulkan kill, menjadi penentu kemenangan atau berkat kerja sama yang baik.

IMBA : Imbalance

Imba atau Imbalance adalah kondisi dimana hero tertentu kemampuannya jauh lebih kuat daripada kemampuan rata-rata hero dalam pertandingan. Hero yang IMBA biasanya selain OP juga karena banyak mengumpulkan kill maupun buff di early game.

Kelomang

Arti dan istilah kelomang dan penjelasannay di Mobile Legends

Kelomang adalah satu buff penting yang terletak dekat turet yang ada di top dan bottom lane.  Membunuh kelomang akan meningkatkan experience, tambahan gold serta status HP reagen.

Late Game

Late game adalah stilah Mobile Legends yang berarti fase waktu permainan yang dimulai dari menit ke-10 hingga permainan usai. Pada late game inilah terjadinya war besar-besaran atau war yang dibarengi dengan serangan Lord untuk menjadi penentu kemenangan.

Lord

Lord adalah unit monster terkuat dalam Mobile Legends yang akan muncul pada menit ke-7 permainan. Untuk membunuh Lord biasanya membutuhkan lebih dari 1 hero dan tim manapun yang berhasil membunuh Lord akan menghidupkannya kembali untuk menyerang musuh pada jalur yang pertahanannya paling lemah.

Lose Streak

Arti Lose Straek adalah kekalahan beruntun pada pertandingan sebanyak 5 kali atau lebih. Lose Streak biasanya terjadi karena sebelumnya telah mengalami Win Streak.

Mabar : Main Bareng

Mabar adalah akronim dari Main Bareng yang biasanya digunakan oleh pemain Mobile Legends untuk menentukan waktu yang sempat untuk bermain bersama sebagai satu tim.

Mage

arti durability mobile legend
arti push di mobile legend
istilah dalam mobile legends dan artinya
arti cooldown mobile legend
apa itu noob mobile legend
arti sustained dps mobile legend
apa itu crit chance mobile legend
arti offense dalam mobile legend

Mage adalah salah satu role hero dalam Mobile Legends yang bertugas memberikan serangan magic (sihir) kepada musuh. Hero Mage biasanya memiliki damage sihir yang sangat besar dan menyakitkan di early hingga mid game namun memiliki daya tahan serangan yang rendah dan gampang terbunuh oleh musuh.

Maniac

Maniac adalah istilah Mobile Legends dimana ada salah satu pemain yang berhasil membunuh 4 hero musuh sekaligus dalam waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan. Maniac adalah pencapaian tertinggi kedua setelah Savage.

Melee

Melee merupakan hero yang menyerang dalam jarak dekat. Kebanyakan hero bertipe tank, fighter dan assassin tipe physical adalah hero melee.

Mid

Mild adalah Istilah Mobile Legeds untuk jalur tengah atau jarak terpendek menuju markas musuh. Jalur ini biasanya adalah yang paling berbahaya dan paling rawan terjadi war, namun terdapat banyak keuntungan karena banyak terdapat buff yang akan membuat kita naik level dengan cepat. Jalur Mid biasanya diisi oleh Marksman, Mage atau Assassin tertentu pada awal game.

Mid Game

Mid game adalah fase waktu dari permainan Mobile Legends yang dihitung mulai dari menit kedua hingga menit ke-10. Pada fase mid game inilah biasanya terjadi first blood hingga pertempuran-pertempuran kecil.

Minion

Minion merupakan pasukan berupa prajurit kecil bersenjata lengkap dengan kendaraan tempur yang muncul di semua lane sepanjang permainan. Minion sangat penting untuk menambah experience dan gold di awal permainan, sebagai tameng untuk menyerang turet musuh dan bahkan dalam kasus tertentu justru minion yang berhasil menyerang turet musuh dan memenangkan permainan.

MM : Marksman

istilah di mobile legend,istilah noob dan MM dalam mobile legend

MM atau Marksman adalah istilah Mobile Legends untuk role hero yang bertugas menjadi carry dalam permainan. Seorang MM dibekali dengan serangan jarak jauh yang sangat cepat dan mematikan, namun memiliki daya tahan yang lemah terhadap serangan musuh sehingga mudah terbunuh.

Mukil

Mukil adalah Istilah Mobile Legends untuk pemain yang terlalu bernafsu untuk menyerang musuh tanpa memperhatikan situasi medan tempur dan kemampuan heronya sendiri. Pemain seperti ini sangat berbahaya dalam tim karena biasanya akan menjadi feeder/beban.

MVP : Most Valuable Player

MVP merupakan pemain yang mempunyai sumbangsih paling besar dalam sebuah pertandingan.  Biasanya pemain MVP adalah dia yang paling banyak mendapatkan kill dengan jumlah death yang paling sedikit dan gold yang paling banyak.

Nerf

Nerf merupakan Istilah Mobile Legends yang berarti penurunan kemampuan pada hero-hero tertentu untuk memperoleh keseimbangan dalam permainan. Hero-hero yang dinerf biasanya adalah yang dianggap terlalu OP (Over Powered).

Nob/Noob

Apa itu arti Noob dalam mobile legend?

Istileh ini merupakan sebutan untuk pemain yang baru bermain Mobile Legends yang kemampuannya masih dibawah rata-rata. Atau bisa juga untuk pemain yang sudah cukup lama bermain namun kemampuannya tidak berkembang.

Nyampah

Nyampah merupakan istilah dari pemain Mobile Legends untuk pemain yang tiba-tiba nyelonong kill hero musuh yang sekarat karena sedang dibantai oleh teman setimnya. Biasanya pemain yang sudah nyaris kill namun kehilangan kesempatan karena direbut oleh teman setimnya akan marah.

Ojek Payung

Istilah ojek payung di mobile legends - Kagura

Ojek Payung merupakan istilah yang diberikan untuk Hero Kagura, salah satu hero mage terkuat yang ciri khasnya membawa payung sebagai senjata.

Offense

Arti Offense dalam Mobile Legends adalah statistik kemampuan bertahan yang muncul di daftar hero pada MLBB. Salah satu contoh Hero yang memiliki Offense yang sangat tinggi adalah hero bertipe Marksman dan Assassin.

OP : Over Powered

OP adalah Hero yang kekuatannya dianggap terlalu berlebihan dan menjadi sasaran banned pada pertandingan. Hero OP biasanya adalah hero yang baru release atau baru uji coba di advanced server dan membutuhkan nerf di kemudian hari.

PLN

PLN adalah istilah untuk Hero Eudora. Eudora adalah salah satu hero mage mage yang menyerang lawan dengan kekuatan listrik. Termasuk salah satu hero awal yang didapat oleh pemain Mobile Legends.

Push

Istilah Push di Mobile Legends adalah menyerang atau memukul mundur musuh. Bisa juga berarti menyerang turet musuh.

Range

Range adalah hero yang menyerang dalam jarak jauh. Semua hero tipe marksman, mage dan assassin mage adalah hero range

Roaming

Roaming adalah istilah Mobile Legends untuk aksi berpindah dari lane satu ke lane lainnya guna membantu teman tim kita atau mengincar musuh yang lengah.

Savage

Arti Savage di Mobile Legends adalah kondisi dimana ada salah satu pemain yang berhasil membunuh 5 hero musuh sekaligus dalam waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan.

Savage adalah pencapaian tertinggi dalam sebuah pertandingan dan amat jarang sekali terjadi dalam permainan baik reguler maupun turnamen.

Solo

Arti Solo di Mobile Legend adalah posisi ketika salah satu pemain tim maju sendiri di salah satu jalur (lane) tanpa adanya bantuan dari rekan setim.

Support

arti istilah support di mobile legends lengkap dengan penjelasan

Salah satu role hero dalam Mobile Legends yang bertugas mensupport atau membantu hero lainnya. Biasanya yang dibantu adalah hero carry dalam tim.

Tank

Tank merupakan Hero yang bertugas sebagai inisiator atau membuka war dan melindungi hero marksman atau mage yang ada di timnya. Hero Tank memiliki kemampuan bertahan yang sangat baik dari serangan musuh namun mempunya daya serang yang rendah.

Top

Top Line atau disingkat Top adalah jalur yang terletak di sebelah kiri peta dan mengarah ke atas dalam pertandingan tipe Classic dan Rank. Jalur ini biasanya akan dilalui oleh hero tipe assassin, fighter atau tank di awal permainan.

Turet

Turet merupakan Menara yang menjadi unit terkuat dan akan menghasilkan damage besar yang berfungsi sebagai pelindung markas yang tersebar di setiap lane.

Turtle

arti istilah turtle di Mobile legends

Turtle adalah Monster hutan berbentuk kura-kura biru raksasa yang muncul sebelum kemunculan Lord. Membunuh turtle akan mendapat tambahan banyak experience dan gold bagi seluruh tim karena itu biasanya dibunuh dengan ganking atau keroyokan.

Ulti : Ultimate

Istilah Ultimate ini merupakan Skill terhebat untuk mayoritas hero di Mobile Legends yang didapat ketika sudah mencapai level 4 dalam permainan. Skill Ultimate hanya akan digunakan pada saat yang tepat karena memakan mana yang banyak dan atau memiliki cooldown yang lama.

War

War adalah istilah Mobile Legends yang berarti pertempuran 2 hero atau lebih melawan musuh yang jumlahnya lebih dari 1 orang. Pemain yang heronya salah ambil posisi dalam war biasanya akan tewas.

Win Streak

Win Straek merupakan kemenangan secara beruntun dalam pertandingan Mobile Legends  sebanyak 5 kali atau lebih. Sehabis Win Streak biasanya pemain akan mengalami Lose Streak juga.

Wiped Out

arti wiped out di Mobile legends, Istilah dalam mobile legends dan artinya, durability, arti push, cooldown, apa itu noob mobile legend, sustained dps, apa itu crit chance, offense.

Istilah Wiped Out di Mobile Legends adalah kondisi dimana seluruh hero musuh sudah tewas dan belum bangkit kembali dari kematian. Kesempatan ini biasanya dimanfaatkan untuk menyerang turet musuh atau membunuh Lord.

WR : Win Rate

WR atau Win Rate adalah rasio jumlah kemenangan dibandingkan dengan jumlah pertandingan yang diikuti. WR adalah penentu kemampuan seorang pemain Mobile Legends atau sejauh mana pemain tersebut menguasai heronya.

Baca juga:

Demikianlah ulasan mengenai berbagai macam arti dan istilah dalam Mobile legends lengkap dengan penjelasannya. Semoga setelah memahami arti dari istilah-istilah tersebut, kamu lebih faham bermain Mobile Legends dan tidak dikatai pemain noob lagi ya! [AS/HT]

You May Also Like

About the Author: T Hendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *