7 Kebiasaan Buruk Tentang Baterai Smartphone yang Bisa Berakibat Fatal

Diposting pada

Kebiasaan Buruk Tentang Baterai Smartphone yang Bisa Berakibat FatalKebiasaan Buruk Tentang Baterai Smartphone, AndroidSeluler.com ~ Daya baterai memang penting untuk kekuatan smartphone kita. Tahukah kamu kebiasan sepele yang sering dilakukan ini bisa cepat merusak baterai HP bahkan yang lebih fatal bisa membahayakan Smartphone?

Ada beberapa hal sebenarnya yang menjadi faktor yang mempengaruhi jangka hidup si baterai smartphone tersebut. Terkadang kita malah menyalahkan smartphone, baterai atau bahkan pabriknya.

Smartphone yang kita pakai sebenarnya sudah melewati serangkaian pengujian QC (Quality Control). QC tersebut tentunya oleh pihak pabrik telah dipastikan kualitas dan mutunya. Penyebab permasalahan dari menurunnya kualitas baterai adalah kebiasaan dan cara pemakaiannya yang salah namun jarang disadari oleh pengguna.

Lalu faktor apa saja yang bisa merusak baterai Hp dan membahayakan perangkat? Simak ulasan dibawah ini.

7 Kebiasaan yang Cepat Merusak Baterai dan Membahayakan Smartphone

Kita sebagai pengguna seharusnya mengetahui cara menggunakan dan merawat smartphone, terutama bagian baterainya. Berikut ini adalah 7 keadaan yang bisa membahayakan baterai smartphone yang harus kalian hindari:

1. Menggunakan Charger Bajakan

Kebiasaan Menggunakan Charger Bajakan Merusak BateraiKebiasaan ini mungkin telah banyak orang alami, saat charger original mereka hilang atau rusak. Penggunaan charger yang bukan asli bawaan pabrik sangat membahayakan baterai kita secara bertahap.

Arus dan keluaran daya yang dihasilkan oleh charger memang sudah disesuaikan dengan jenis baterai yang kita pakai. Jadi anda pasti mengetahui efeknya, jika menggunakan charger tidak asli kan?

2. Mengalibrasi Baterai Smartphone

Kebiasaan Buruk Kalibrasi Baterai HpMungkin sudah banyak dari pengguna mengetahui hal ini. Kita harus mengalibrasi baterai smartphone minimal sebulan atau 2 bulan sekali. Faktanya hal tersebut merupakan omong kosong besar. Kita tidak perlu mengajari smartphone bagaimana mengenali kapasitas baterai saat sudah penuh 100.persen dan habis 0 persen. Apalagi untuk smartphone keluaran baru.

3. Membiarkan Smartphone Kepanasan

Kebiasaan menggunakan Baterai Hp Hingga KepanasanSuhu tinggi merupakan musuh hampir semua alat elektronik, kecuali setrika dan teman-temannya. Efek suhu tinggi terhadap kualitas baterai adalah dapat memperpendek jangka pakai baterai dan mempercepat pengurasan daya. Suhu maksimal smartphone adalah 40 derajat Celsius.

Anda harus tetap menjaga suhu smartphone dengan cara tidak menggunakan secara berlebihan. Tentunya pada kondisi cuaca atau lingkungan yang panas. Jangan mengecas terlalu lama dan juga berhati-hati saat menggunakan power bank.

4. Menghabiskan Daya Baterai sampai 10 persen ke bawah

Kebiasaan menghabiskan Baterai HP dibawah 10%Tidak baik menggunakan baterai saat dayanya di bawah 10 persen. Hal tersebut dapat memperpendek umur pakai baterai kalian. Cobalah untuk mengisi daya baterai di atas 50 persen. Karena satu siklus baterai dihitung dari pemakaian 100 persen ampai 0 persen. Jika Anda menghindari kebiasaan ini, maka baterai kalian akan memiliki jangka pakai yang normal.

5. Mengecas Penuh dan Menghabiskan Dalam Waktu Singkat

Kebiasaan Mengecas Penuh dan Menghabiskan Dalam Waktu SingkatSegala hal yang berlebihan itu tidak baik dan itu pun berlaku pada baterai smartphone. Biasanya kita mengecas baterai pada kondisi kurang dari 30 persen saat pagi hari sebelum berangkat kerja atau kuliah.

Lalu, menggunakannya secara berlebihan dalam rentang waktu yang singkat. Hal dapat memperpendek umur pakai baterai. Cobalah untuk mengecas di atas 50% seperti yang telah dijelaskan di atas. Lalu, hematlah penggunaan baterai sebisa mungkin. Apapun jenis dan merek smartphone gunakan tidak akan awet dan tahan lama. Jika dari awal kebiasaan dalam pemakaian yang salah.

6. Menggunakan HP saat sedang Mengisi Daya Baterai

Kebiasaan Menggunakan Hp Sambil di Charger

Kebiasaan sepele yang sering kita laukan selanjutnya adalah me-Charger HP lalu menggunakannya sambil tiduran. Kebiasaan buruk ini nyatanya bisa mempercepat penurunan kualitas baterai smartphone kamu. Sebab, dengan menggunakan Hp saat di-Charge, hal ini akan memaksa baterai bekerja lebih ekstra.

Selain menerima pengisian daya, baterai dipkasa harus tetep mensuplay daya pada Smartphone karena sedang digunakan. Kebiasaan buruk ini bisa berakibat fatal dan suhu smartphone cepat meningkat dan bisa merusak sel pada baterainya, bahkan jika hal ini berlangsung cukup lama, kinerja komponen penting lain dalam smartphone kamu juga terancam.

7. Hp di Charge Terlalu Lama

Kebiasaan fatal yang bisa memperburuk kondisi baterai smartphone selanjutnya adalah mengisi daya baterai terlalu lama. Kebiasaan ini umumnya dilakukan saat malam, pengguna selalu mencharger HPnya menjelang tidur lalu mencabutnya saat pagi.

Ketika kamu terbiasa melakukan kebiasaan buruk ini, bisa mengakibatkan usia baterai smartphone kamu cepat menurun. Sebab, durasi pengisian baterai HP saat tidak digunakan normalnya itu hanya memerlukan waktu satu hingga dua jam saja. Jika diisi dengan daya berlebih, lama-kelamaan sel bateri cepat rusak bahkan menggelembung.

Beruntung ponsel cerdas saat ini kebanyakan sudah dilengkapi hardware  dengan sistem Cut Off, yang memungkinkan perangkan memutus secara otomatis pengisian daya saat baterai sudah penuh.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai beberapa kebiaasaan buruk yang sering kita lakukan tentang Baterai Smartphone yang bisa berakibat fatal dan membahayakan Ponsel. Untuk itu, perlakukan Smartphone dengan bijak, secara wajar dan tidak berlebihan agar bisa lebih awet. Semoga bermanfaat! [AS/ It]

5 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP yang tidak Bisa di Charge Ulang
Daftar Aplikasi yang Mirip GoPro dengan Fitur Terbaik dan Paling Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *