Kenali Perbedaan Mbps Dengan MBps Biar Tidak Terkecoh Oleh Iklan Paket Internet

Perbedaan Mbps Dengan MBps, AndroidSeluler.com ~ Mungkin anda sudah biasa melihat paket dan kecepatan internet yang tertera di iklan beberapa operator selurer. Mereka menawarkan paket yang menggiurkan, mulai dari kuota sampai kecepatannya tersebut. Namun pernah kah anda merasa heran kalau pada kenyataanya tidak sesuai dengan iklan yang mereka tawarkan? Kenapa bisa begitu ya? Mungkin anda belum paham perbedaan kecepatan internet Mbps dan MBps. Karena anda mengira keduanya sama bukan? Tapi padahal jauh berbeda!

Perbedaan Satuan Kecepatan Internet

Ketika melihat iklan paket internet yang menawarkan kecepatan internet up to 3,1 Mbps dibandingkan 387,5 KBps; mana yang akan anda pilih? Padahal keduanya ternyata memiliki kecepatan internet yang sama! Kok bisa? Mari kita bahas dibawah ini.

Perbedaan Mbps Dan KBps

Jika ternyata kecepatan internet yang diterima itu lebih lambat daripada yang diiklankan, jangan langsung kecewa. Coba anda simak gambar berikut berikut dulu ya:

Jadi, meski terlihat serupa tapi nilainya tak sama, antara MBps dan Mbps masing-masing sifat serta makna yang berbeda. Bisa jadi anda selama ini salah menafsirkan iklan tersebut, sehingga marah-marah saat internet anda lambat.

Sebagai contoh, ketika anda berlangganan memilih paket internet yang menawarkan dengan kecepatan download up to 185Mbps. Itu artinya saat download anda akan tetap dapat  kecepatan segitu loh! Tapi perhatikan hitungan sederhana dibawah ini:

185Mbps = 185000kbps, ini sama artinya dengan 185000/8 = 23.125 KBps atau sekitar 23MBps

Jadi, pada saat anda mendownload sebuah file, kecepatan per detik dari file yang anda download maksimalnya adalah 23MB per detik, bukan 185MB per detik.“

Lalu kenapa operator memilih menggunakan angka 185Mbps daripada angka 23MBps? Padahal kecepatan keduanya sama. Karena hanya melihat angkanya, jelas akan membuat anda tertarik soalnya terlihat lebih besar dan lebih cepat, bukan?

Nah itu tadi uraian singkat tentang perbedaan Mbps Dengan MBps, semoga dengan ini membuat anda lebih mengerti dan tidak lagi terkecoh oleh iklan. Semoga bermanfaat [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *