Kenali Tanda Kecanduan Internet dan Efeknya Yang Patut Diwaspadai!

Efek Kecanduan Internet Yang Patut Diwaspadai, AndroidSeluler.com ~ Internet mampu menghubungkan seluruh manusia di dunia untuk bisa saling bertukar informasi, dan menikmati banyak hal mulai dari video call, telepon, streaming, membaca berita serta masih banyak lagi. Maka dari itu tidak salah jika dibilang bahwa internet adalah salah satu kebutuhan wajib yang harus dipenuhi.

Terlepas dari manfaatnya, sadar atau tidak, internet telah menjadi semacam candu yang sulit dihilangkan. Bisa dibilang banyak sekali orang yang mengalami kecanduan internet tanpa mereka sadari, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Karena hal itu kami akan mengulas beberapa pertanda kecanduan internet yang akan dibahas di bawah ini.

Tanda-Tanda Kecanduan Internet

1. Merasa Lebih Senang Saat di Depan Komputer Sambil Internetan

Jika anda merasa sering sekali duduk di depan komputer sambil internetan dan sering senyum-senyum sendiri atau merasa lebih tenang dan senang ketika sedang internetan, hal tersebut merupakan tanda awal kalau anda sedang kecanduan internet. Mungkin efek ini tidak menimbulkan masalah yang besar, namun jika terus dibiarkan kejiwaan anda akan terganggu dan bahkan lebih parah lagi.

2. Tidak Tetarik Dengan Kegiatan Lain

Ini adalah tanda yang paling sering terlihat dan mungkin banyak sekali orang yang memperlihatkan tanda ini. Jika yang anda lakukan setiap hari adalah internetan dan tidak pernah bergaul di luar rumah, selalu saja menolak untuk beraktifitas di luar dengan sejutai alasan atau bahkan enggan keluar dari kamar anda atau tempat komputer anda berada, berarti tingkat kecanduan internet anda sudah cukup parah. Efek bahayanya dari hal ini adalah anda tidak mengenal siapa orang disekeliling anda, apa yang terjadi, momen apa yang tidak anda ikuti, lebih parahnya mental anda akan terganggu dan tersingkir dari lingkungan.

3. Gelisah Jika Internet Mati Atau Paket Data Habis

Kebanyakan pengguna internet di Indonesia mengandalkan paket data untuk memenuhi kebutuhan internet. Nah, pernahkah anda merasa bingung atau gelisah ketika paket data anda tiba-tiba habis atau mungkin gelisah saat jaringan seluler anda tiba-tiba bermasalah? Jika iya, itu berarti anda memang benar-benar kecanduan internet. Efek yang ditimbulkan berupa serangan mental, porsi jiwa yang bahagia anda akan berkurang

4. Mencuri Waktu Untuk Online

Salah satu tanda seseorang sudah kecanduan internet juga bisa dilihat ketika jam kerja atau jam sekolah. Jika anda melihat ada orang yang pada jam-jam sibuk tersebut justru berada di warnet, game center, atau bahkan di depan laptop mereka sambil mengakses media sosial atau bermain game dalam kurun waktu yang cukup lama padahal mereka punya kewajiban lain, hampir bisa dikatakan mereka sedang kecanduan internet. Efek yang didapat adalah molornya durasi penyelesaian tugas, yang berakibat akan dimarahi pimpinan atau bagi anda yang masih sekolah akan kena tegur dari guru dan minimnya ilmu yang didapat.

5. Online Hingga Larut Malam

Tanda yang paling gampang untuk dikenali adalah frekuensi online anda. Jika anda sering berselancar di internet selama berjam-jam, bahkan hingga larut malam atau bahkan subuh, tanpa lelah (6 jam sehari), jelas sekali kalau anda sedang kecanduan internet dan perlu segera mengurangi kebiasaan ini karena jika dilihat dari efeknya maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh anda yang memerlukan istirahat.

Baca juga:

Instagram Dan Snapchat Memiliki Efek Berbahaya Bagi Anak Muda?

Demikianlah ulasan terkait tanda Kecanduan Internet dan Efeknya yang patut diwaspadai, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan introspeksi diri untuk bijak menggunakan internet. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *