Categories: Tips Android

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS? Bisakah login WA tanpa 6 digit kode verifikasi atau lewat email? Tak perlu risau, beginilah cara mengatasinya!

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling sering digunakan melakukan obrolan pada keluarga, teman, rekan bisnis, dan sebagainya. Bagi pengguna baru, memang wajib untuk mendaftar supaya bisa menggunakan whatsapp. Tapi saat pendaftaran, WhatsApp malah gagal melakukan verifikasi nomor lewat SMS.

Tentunya masalah ini membuat kita jengkel sebagai pengguna baru WhatsApp. Jika kamu tidak melewati verifikaskkkode 6 digit maka otomatis kamu tidak bisa login atau masuk di aplikasi WhatsApp.

Baca : 5 Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC (Laptop), Mudah dan Lengkap

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Beginilah Alasannya

Kode verifikasi WhatsApp yang tidak tampil biasanya disebabkan karena jaringan internet yang lemah atau telat merespon. Namun, bukan cuma kesalahan jaringan yang jadi penyebabnya. Tetapi, bisa aja WhatsApp sedang mengalami error.

Bisa juga kamu lupa memasukan kode verifikasi atau keliru satu angka atau kurang beberapa angka yang saatmasukkan ke kolom 6 digit.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Kirim Kode Verifikasi

Supaya tidak gagal login atau masuk aplikasi WhatsApp. Sebaiknya ikutilah panduan atau tutorial memperoleh kode verifikasi WhatsApp berikut ini:

1. Aplikasi WhatsApp Support dengan versi Smartphone

Terkadang, aplikasi WhatsApp tidak kompatibel dengan smartphone mu. Sebab semakin kesini, versi aplikasi pasti akan semakin tinggi juga. Supaya dapat mengetahui aplikasi kompatibel atau tidak, kamu dapat cek di bagian deskripsi aplikasi WA.

2. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Lakukan install ulang atau reinstal aplikasi WhatsApp agar kamu tidak menemukan crash dan bug. Caranya:

  • Bukalah Pengaturan di smartphone
  • Pilih Manajemen Aplikasi lalu klik WhatsApp
  • Pilih Uninstall/Bongkar dan klik Selesai
  • Reinstall aplikasi WhatsApp

3. Periksa Ulang Nomor Validasi

Periksalah ulang nomor digunakan untuk validasi akun WhatsApp sudah benar. Kemudian pastikan tidak ada yang kurang digit angkanya.

4. Periksa Kode Negara

Perhatikanlah kode negara yang kamu gunaka sekarang. Kode nomor negara kita (Indonesia) adalah (+62). Pastikan kode negara Indonesia sudah benar.

5. Gunakan Sinyal 3G

Sebaiknya kamu gunakan 3G agar bisa digunakan untuk menerima SMS.

Baca : 6 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Yang Terhapus, Mudah dan Lengkap

6. Pastikan Jaringan Stabil

Kamu harus pastikan jaringan yang digunakan sedang stabil dan tidak ada gangguan transmisi data internet.

7. Pastikan Jaringan Operator dalam Kondisi Stabil

Jika kode verifikasi WA masih tetap tidak muncul. Bisa jadi layanan SMS di ponselmu sedang mengalami gangguan. Mungkin saja ponselmu tidak bisa menerima SMS. Mungkin juga penyebabnya dari jaringan operator yang digunakan sedang dalam masa perbaikan.

8. Manfaatkan Fitur Telepon

Kamu bisa menggunakan fitur telepon atau mode panggilan untuk verify WhatsApp dan menerima kode untuk diisi di kolom aktivasi WhatApp.

9. Aktifkan Notifikasi Pesan di Smartphone

Kamu harus memastikan notifikasi pesan di ponselmu dalam kondisi aktif. Sebab pada smartphone jenis tertentu ada yang tak bisa menerima pesan karena notifikasinya tidak aktif.

10. Restart HP

Jika kamu belum mendapatkan kode verifikasi, restart ponselmu untuk mengatasi error fungsi tertentu dan mengoptimalkan kembali sistem.

Baca : Cara Menyembunyikan Status Online WhatsApp dan Tanda Terakhir Dilihat

Nah itu dia, beberapa alasan kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul dan cara mengatasinya. Setelah itu kamu bisa melewati login di WhatsApp dan menikmati fitur-fiturnya. [AS /BS]

Ranika S