Malware CopyCat Menyerang Android Anda Tanpa Disadari, Waspada!

CopyCat Menyerang Android, AndroidSeluler.com ~ Setelah dihebohkan oleh serangan ransomware WannaCry dan Petya, kini dunia kembali dibikin gaduh oleh malware baru yang disebut CopyCat. Bedanya CopyCat ini bukan menyerang sistem operasi Windows, melainkan Android.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Check Point, CopyCat ini telah menginfeksi sekitar 14 juta smartphone Android. Jika smartphone telah terinfeksi CopyCat, maka perangkat akan menampilkan iklan penipuan, menginstal aplikasi palsu, hingga mencuri informasi sensitif di dalam smartphone tersebut.

Bahayanya Malware CopyCat Yang Menyerang Android Anda

Hal Tersbut diperkuat oleh laman Fossbytes, malware CopyCat ini mampu menginfeksi begitu banyak perangkat lantaran menggunakan teknik phishing dan juga menyebar melalui aplikasi palsu populer yang dikemas ulang dengan malware di toko aplikasi pihak ketiga.

CopyCat mampu menyuntikkan kode ke Zygote, yang merupakan daemon yang bertanggung jawab untuk meluncurkan aplikasi di OS Android.

Hacker bisa menggunakan kontrol atas sistem untuk menampilkan iklan palsu dan memasang aplikasi penipuan. Sehingga mampu mendapatkan penghasilan dengan mendapatkan kredit secara ilegal.

Sebenarnya pada bulan Maret lalu, Check Point pernah menginformasikan bahwa Google telah berhasil menemukan cara untuk mengatasi malware CopyCat. Namun, masih ada kemungkinan smartphone anda juga ikut terinfeksi, mengingat banyaknya smartphone dengan OS Android jadul yang tidak lagi mendapatkan update keamanan.

Baca juga:

Untuk itu sudah seharusnya anda selalu update aplikasi android anda, biar aplikasi yang terinfeksi memungkinkan diganti atau diperbaiki oleh update-an tersebut. Bagaimana pendapat anda? [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *