Manakah Yang Paling Efisien Antara Jaringan LAN Dengan WLAN

Manakah Yang  Paling Efisien Antara WLAN Dan LAN, AndroidSeluler.com~ LAN dan WLAN adalah  jenis jaringan yang biasa digunakan untuk menghubungkan ke computer orang lain atau internet. Jaringan LAN (Local Area Network) yang menggunakan kabel Ethernet dan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) yang tidak perlu menggubakan kabel untuk bisa terkoneksi Atau mengandalkan teknologi yang disebut WiFi (Wireless Fidelity).

Meskipun sering menggunakan kedua jenis jaringan tersebut, masih banyak orang yang tidak memahami sama sekali apa sebenarnya LAN dan WLAN itu.  Maka dari itu , kesempatan kali ini kami akan berbagi insedikit informasi seputar  LAN dan WLAN serta manakah jenis jaringan yang tergolong lebih efisien. Jadi siahkan simak sampai akhir pembahasan ini.

Manakah Yang  Paling Efisien Antara LAN Dan WLAN

1. Apa Itu LAN Dan WLAN

LAN Kabel

LAN Kabel atau yang sering disebut LAN, merupakan  jenis jaringan lokal yang menggunakan kabel Ethernet(misalnya UTP) yang dihubungkan dengan konektor khusus (misalnya RJ-45) untuk bisa terkoneksi ke komputer lain atau ke internet.

LAN Nirkabel Atau WLAN

LAN Nirkabel atau WLAN merupakan jenis jaringan yang memanfaatkan teknologi WiFi untuk bisa terkoneksi dengan komputer lainnya. Berbeda dengan LAN Kabel, LAN Nirkabel atau WLAN ini sama sekali  tidak membutuhkan kabel dan konektor untuk bisa terkoneksi ke komputer lain atau ke internet (kecuali kabel untuk menghubungkan Access Point ke komputer server).

2. Kualitas LAN Kabel dan LAN Nirkabel (WLAN)

Kualitas dari jaringan LAN Kabel sangat bergantung pada kualitas kabel yang digunakan. Semakin bagus kabel yang digunakan, maka semakin baik pula kualitas koneksi dari jaringan

Di sisi lain, kualitas jaringan LAN Nirkabel atau WLAN dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari jarak komputer yang saling terkoneksi (semakin jauh, maka kualitas jaringan akan semakin buruk), cuaca (ketika hendak terkoneksi ke internet) hingga material yang ada di sekitar anda pun dapat menyebabkan gangguan. Terutama logam, karena dapat menyerap sinyal yang dipancarkan oleh suatu komputer sehingga tidak sampai ke komputer tujuan. Meskipun memiliki banyak faktor penghambat, banyak orang yang lebih memilih menggunakan jaringan WLAN karena tergolong sangat praktis.

3. Mana yang Lebih Efisien?

Jika anda bertanya, manakah jenis yang lebih efisien, tentunya jawaban  tersebut bergantung pada kebutuhan penggunaan jaringan  anda sendiri

Jika anda ingin terhubung ke komputer lain untuk mengakses data dalam ukuran besar atau terhubung ke internet dengan menggunakan komputer desktop yang portabilitasnya tergolong rendah dan mengharapkan koneksi internet anda stabil tanpa perlu khawatir dengan segala faktor penghambat seperti stabilitas ping, cuaca dan jenis material yang dapat menyerap sinyal, maka LAN Kabel yang menggunakan kabel Ethernetadalah pilihan yang tepat.

Di sisi lain, jika anda adalah pengguna laptop dan menginginkan jaringan yang lebih praktis, tentunya WLAN yang menggunakan teknologi WiFi adalah pilihan yang tepat. Anda tidak memerlukan kabel yang harus ditarik ke sana kemari mengikuti perangkat anda sehingga tidak menghambat mobilitas anda. Selain itu, anda bisa menemukan banyak sekali tempat yang menyediakan WLAN ini (hotspot).

Menurut hemat kami semua jenis jaringan itu semuanya efisien, hanya memiliki kapasitasnya masing masing dan juga plus minusnya. Jadi untuk anda yang ingin menggunakan salah satunya lebih baik cermati dulu kebutuhan pokok anda seperti apa, lalu apa yang cocok untuk kebutuhan anda tersbut seperti yang di dijelaskan diatas.

Baca juga:

Cara Setting DNS Jaringan Agar Koneksi Internet Makin Ngebut

Itulah  penjelasan singkat seputar LAN (LAN Kabel) dan WLAN, semoga bermanfaat untuk anda. [AndroidSeluler./Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *