5 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP yang tidak Bisa di Charge Ulang

Diposting pada

Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP yang tidak Bisa di Charge Ulang

Mengatasi Baterai Hp tidak bisa di Charge, AndroidSeluler.com ~ Menghabiskan baterai dalam penggunaan smartphone untuk kegiatan sehari-hari tentunya smartphone anda di charge atau dicas. Lalu bagaimana jika tiba-tiba baterai sebagai penopang daya Smartphone tidak bisa di charge?

Jika smartphone-mu tidak terisi dengan sempurna atau merasa lebih cepat habis dari biasanya bahkan tidak dapat di cas, jangan terburu-buru berspekulasi bahwa charger atau baterai smartphone-nya yang rusak.

Bisa saja Masalah dan solusinya mungkin lebih simpel dari yang dikira. Berikut ini akan beberapa solusi smartphone yang tidak bisa dicharge.

5 Cara Paling Ampuh Mengatasi Baterai Hp Yang tidak bisa di Charger

Nah, Jika masalah itu menimpa smartphone Android Anda, ada beberapa solusi mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi batera smartphone yang tidak bisa di charger. Simak ulasan dibawah ini.

1. Perbaiki port USB sendiri

Cara termudah dan cepat dan kebanyakan berhasil adalah memperbaiki sendiri hardware. Metal dalam port USB dan Charger Micro USB tidak terhubung dengan baik adalah masalah yang sering terjadi, entah karena kerusakan dari pabrik atau anda sering melakukan colok cabut kabel charger.

Mulailah dengan menonaktifkan smartphone, lepas baterai kalau dapat dilakukan, lalu gunakan benda kecil seperti tusuk gigi atau jarum untuk menaikan tab bagian dalam port USB secara hati hati jangan sampai mematahkanya yang akan menambah parah masalahnya. Kemudian pasang kembali baterai, coba untuk memasang charger kembali.

Masalah timbul bisa karena menaruh smartphone di kantong baju atau celana, kemungkinan karena kain sisa jahitannya masuk ke port USB dan mengganggu proses charging akibatnya tidak dapat dicas. Selain sisa jaitan, remah-remah makanan atau debu juga bisa menjadi masalah juga. Bersihkan dengan menggunakan cotton buds atau benda yang lebih kecil.

2. Menggunakan charger lain yang sejenis

Untuk cara kedua cobalah mengganti kabel charger dengan yang lain namun dengan jenis yang sama, jika bekerja itu artinya yang rusak adalah kabel charger milik anda. Namun jika sebaliknya, berarti masalahnya ada di lainya. Coba ulangi seperti itu dengan mengganti plug adapter-nya, lihat, bekerja atau tidak, pastikan charger itu sejenis dengan smartphone milik anda, karena charger yang tidak sejenis meskipun bekerja namun akan menimbulkan masalah lain dikemudian hari.

3. Ganti baterai

Kita mengetahui baterai tidak bertahan lama, setelah beberapa tahun pemakaian, baterai akan menurun performanya. Semakin sering mengisi ulang daya, semakin cepat pula perlu diganti. cara selanjutnya cobalah mengganti baterai dengan milik teman anda jika tetap belum bekerja maka masalah bukan di baterai.

4. Update software

Di smartphone terdapat Fitur Software Update, cobalah melakukanya, fitur ini bisa mengoptimalkan jalanya OS pada Android.  Pada software terbaru biasanya perusahaan pembuatnya menyematkan teknologi terbaru seperti Power saving untuk ketahanan,

5. Kalibrasi baterai Hp

Terakhir lakukan lah kalibrasi baterai, anda bisa memanfaatkan aplikasi kalibrasi yang bisa anda instal di Playstore. Dengan mengkalibrasi baterai Android, membuat baterai seperti baru dan lebih tahan lama dari sebelumnya.

Baca Juga:

Demikian 5 cara jitu solusi mengatasi smartphone yang tidak bisa di chars. Jika tips diatas belum juga menyembuhkan penyakit smartphone-mu kemungkinan konektor-nya harus diganti dengan yang baru, bawalah ke service center atau ke tukang service yang anda percaya. Lain halnya jika anda memiliki keahlian memperbaikinya, anda dapat mengganti konektor tersebut dirumah. [as/jt]

15 Cara Ampuh Agar Baterai Smartphone Awet dan Tahan Lama
7 Kebiasaan Buruk Tentang Baterai Smartphone yang Bisa Berakibat Fatal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *