Cara Mengubah TV Jadul menjadi Smart TV untuk Internetan

Ubah TV Biasa Menjadi Smart TV, AndroidSeluler.com ~ Internetan menggunakan smartphone atau pc merupakan hal yang biasa. namun pernahkah anda merasakan serunya internetan menggunakan TV? Yang mungkin  bagi anda yang memiliki smart TV tentu bukanlah sulit. Tapi sayangnya , dengan harga yang terbilang masih mahal membuat tidak semua orang memilikinya hanya orang tertentu saja yang memiliki barang mewah tersebut.

Nah bagi anda yang belum memiliki budget untuk membeli TV pintar tersebut jangan berkecil hati, karena anda masih bisa menikmati internetan lewat TV jadul anda. Karena sebenarnya ada cara untuk mengubah TV biasa Menjadi Seperti Smart TV yang bisa internet.

Cukup berbekal smartphone Android dan TV, anda sudah bisa merasakan pengalaman yang serupa. Tapi, bagaimana caranya? Berikut ini kami informasikan triknya

Cara Mengubah TV Jadul menjadi Smart TV untuk Internetan

1. Menggunakan Chromecast

Chromescast sebenarnya telah lama hadir di pasaran. Hanya saja popularitasnya memang belum begitu tinggi, khususnya di Indonesia. Tapi dengan dongle besutan Google ini, anda bisa menghubungkan smartphone Android dengan TV secara wireless. Perangkat ini memungkinkanmu untuk mirroring atau menampilkan layar smartphone ke layar TV.

Jadi apa pun yang ditampilkan oleh layar smartphone, anda juga bisa melihatnya di TV yang terhubung dengan Chromecast.

Caranya pun sangat sederhana. Cukup colokkan chromecast ke Port HDMI yang ada di TV, sambungkan dongle tersebut dengan jaringan yang sama dengan smartphone Android, instal aplikasi Chromecast di smartphone, pindah saluran dari TV ke HDMI, dan Chromecast siap menampilkan konten YouTube melalui perangkat Android.

2. Menggunakan Dongle Miracast

Cara lain yang juga yang tidak kalah mudahnya yakni menggunakan Miracast. Miracast sebenarnya mirip dengan Chromecast. Perangkat ini memungkinkan anda untuk mirroring layar smartphone ke TV. Melalui perangkat ini, anda juga bisa Internetan di TV.

Untuk mulai menghubungkan smartphone Android dengan Miracast, sebelumnya anda harus menyolokkan dongle Miracast ke TV. Selanjutnya pada smartphone Android, buka setting, pilih display kemudian pilih wireless mirroring or cast screen. Selanjutnya ubah setting tersebut ke posisi On.

Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar jaringan dari dongle Miracast yang anda gunakan. Setelah itu, tekan jaringan Miracast tersebut dan tunggu hingga smartphone Android dan TV benar-benar terhubung. Jika sudah terhubung, layar smartphone Android akan muncul pada layar TV.

3. Menggunakan Kabel HDMI

Kalau anda merasa kesulitan memperoleh Chromecast atau sekedar menginginkan cara yang lebih terjangkau, sebenarnya juga ada kabel HDMI yang khusus didesain untuk menghubungkan perangkat Android dengan TV.

Perlu diketahui, port atau colokan HDMI sendiri sebenarnya terbagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe A atau reguler HDMI yang biasa digunakan untuk perangkat TV dan konsol, tipe C atau mini HDMI, dan tipe D atau micro HDMI yang bisa digunakan untuk smartphone dan tablet.

Cara memakainya cukup mudah. Cukup colokkan kabel HDMI ke smartphone Android, colokkan juga sisi lainnya dengan TV, dan tunggu beberapa saat hingga kedua perangkat tersebut saling terhubung. Saat hendak membeli kabel HDMI, cek port apa yang digunakan smartphone. Kemudian, memilih kabel HDMI yang memang sesuai dengan smartphone Android milik anda.

Baca juga:

Nah, itulah tadi cara mengubah TV Jadul Menjadi Smart TV yang bisa anda gunakan untuk internetan Bagaimana Mudah bukan? Sekian dan semoga bermanfaat. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *