Mitos-mitos Seputar Baterai dan Charging Yang Perlu Diketahui Fakta Sebenarnya

AndroidSeluler.com~ Dari dulu sampai saat ini banyak sekali mitos yang muncul dan berkembang tentang baterai dan proses pengisian daya atau charging, ada yang benar, namun ada pula yang salah atau mitos belaka yang tidak relevan dengan kondisi saat ini. ada kabar handphone baru harus dicharge 8 jam dulu sebelum dipakai, lalu ada juga kabar jika charging handphone harus dalam keadaan mati dan sebagainya, benarkah itu? artikel ini menjelaskan tentang mitos-mitos seputar baterai dan charging yang harus anda ketahui faktanya.

1.Charging Handphone Baru selama 8 Jam

Sampai saat ini, masih banyak penjual handphone yang mengingatkan pembelinya untuk Charge selama 8 jam dulu sebelum pemakaian pertama. Faktanya, anda dapat langsung menggunakanya tanpa khawatir akan terjadi hal buruk, sebab, sekarang ini hampir semua sudah menggunakan baterai ber berbahan Lithium Ion (Li-ion) atau Lithium Polymer (Li-poly).

Dulu, waktu kebanyakan HP masih menggunakan baterai berbahan Nickel–metal Hydride (Ni-MH), cara ini memang tepat digunakan untuk mengoptimalkan kapasitas dan kemampuan baterai. Namun, saat ini sudah tidak relevan.

2.Charging Ketika Baterai Sudah Benar-Benar Habis

Mitos ini juga merupakan cara lama yang sangat tepat digunakan pada handphone dengan baterai nikel (Ni-MH), namun untuk baterai Li-ion dan Li-poly, perawatanya berbeda. Sebaiknya anda charge ketika daya materai masih 15%. Oleh karena itu kemanyakan smartphone saat ini terdapat notifikasi peringatan jika baterainya tinggal sedikit. Tapi sekali-sekali anda diperbolehkan membiarkan sampai mati total untuk keperluan kalibrasi

3.Charge dengan charger merk lain

Di buku panduan Handphone, pasti kamu menemukan tulisan “Hanya gunakan pengisi daya asli yang tersedia dalam paket pembelian. Menggunakan pengisi daya lain yang tidak kompatibel dapat merusak perangkat Anda.” Hal ini menuntut anda untuk charge dengan charger bawaanya saja tidak menggunakan yang merk lain.

Faktanya, anda diperbolehkan charge menggunakan merk lain, namun tetap usahakan menggunakan yang original, jangan memakai yang abal-abal, sebab biasanya charger abal-abal itu berbahan yang kurang handal dan arus yang tidak stabil, yang justru akan merusak handphone. Namun jika anda menggunakan charger merk lain namun original,yang kualitasnya dan arus yang cenderung stabil membuat aman saat charging.

4.Charging Handphone semalaman

Kalau untuk hal ini tergantung oleh Handphone anda, saat ini kebanyakan telah dilengkapi chip charging protection yang secara otomatis akan memutuskan arus listrik ketika baterai sudah terisi penuh. Jadi walau charging terus menerus tidak akan bocor. Namun masalahnya tidak semua handphone memiliki fitur ini , jadi anda perlu mencari tahu apakah handphone anda memiliki chip charging protection atau tidak, namun disarankan sebaiknya charging dilakukan sewajarnya tidak digunakan semalaman.

5.Digunakan saat Charging

Hal ini tentu anda sering melakukanya, bicara baik buruknya tindakan ini semua itu balik lagi kepada kualitas handphone dan baterai anda, jika original semua biasanya tetap aman digunakan saat charging, namun usahakan jangan membuka terlalu banyak aplikasi, terutama yang banyak mengkonsumsi daya baterai

Baca juga:

Itulah beberapa penjelasan terkait kabar yang beredar disekitar kita tentang mitos atau fakta semoga artikel ini bermanfaat dan jika anda memiliki tips dan mitos yang lain silahkan share di komentar.[AndroidSeluler/Jt]

 

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *