Nanomaterial MXene, Bisa Isi Baterai Ponsel dalam Hitungan Detik. Keren!

Nanomaterial MXene Bikin Isi Ulang Baterai Hitungan Detik, AndroidSeluler,com ~Isi ulang baterai ponsel dalam hitungan detik mungkin menjadi impian banyak orang. Pasalnya saat ini pengisian cepat masih dalam hitungan menit. Namun hal tersebut bakal dapat terwujud dengan nanomaterial baru bernama MXene.

Material ini merupakan hasil penelitian dari Drexel University, yang dipimpin oleh Profesor Yury Gogotsi. Nanomaterial ini berbeda dari bahan yang digunakan baterai tradisional, karena bahan ini membuka lebih banyak jalur bagi ion untuk bergerak cepat melalui material ini.

Elektroda pada baterai tersebut didesain menggunakan material dua dimensi bernama MXene yang memungkinkan proses ini. Elektroda merupakan tempat di mana energi disimpan dalam baterai untuk pengisian daya, sehingga perubahan ini akan mempengaruhi seluruh komponen dan isi baterai dan proses pengisiannya.

MXene sangat efektif, seperti tembaga dan aluminium yang digunakan dalam kabel listrik, yang memungkinkan ion untuk bergerak melaluinya dengan sangat cepat.

Baterai tradisional yang biasa digunakan memiliki proses jauh lebih lambat dibandingkan MXene. Hal ini karena jalan yang terbatas untuk ion untuk sampai ke port, sehingga siap untuk mengisi perangkat Anda.

Cara Kerja Nanomaterial MXene

MXeme revolusioner karena menciptakan beberapa jalur untuk ion bisa lewat, yang berarti lebih banyak ion bisa sampai ke port pengisian pada tingkat yang jauh lebih cepat. Mereka bisa bergerak cepat karena komposisi MXene itu sendiri.

Konduktivitas MXene yang tinggi membantu ion bergerak tanpa banyak hambatan. Selain itu, ada lebih banyak port dibandingkan baterai tradisional. Ini berarti ada lebih banyak tempat bagi ion untuk masuk dan meninggalkan baterai, yang membawanya ke tingkat efisiensi baru.

Tim peneliti dari Drexel University sebenarnya sudah berkutat dengan nanomaterial tersebut sejak 2011 lalu, namun digunakan dalam beberapa hal berbeda. Profesor Gogotsi percaya bahwa aplikasi MXene ke depannya selain baterai ponsel, juga dapat dimanfaatkan untuk baterai laptop dan mobil listrik yang lebih baik.

Canggih bukan? bagaimana pendapat anda tentang tadi? Tulios dikolom komentar ya! [AndroidSeluler/Tt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *