Cara Mengaktifkan Perintah Ok Google Bahasa Indonesia di Laptop

fitur ok google bahasa indonesia di laptop

Google memanjakan penggunanya dengan merilis fitur OK google bahasa Indonesia. Jika dulu fitur Ok Google hanya digunakan di smartphone saja, maka kini sudah bisa digunakan di Komputer PC/ Laptop.

Sebagai search engine terbesar di dunia, Google terus melakukan inovasi yang memudahkan para pengguna layanannya. Inovasi terbaru layanan Google Assistant adalah adanya OK Google bahasa indonesia yang mana dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan aktivitas pencarian dengan menggunakan suara.

Sebelumnya, Ok Google berbahasa indonesia ini hanya bisa digunakan di perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Jadi, pengguna bisa melakukan aktivitas pencarian tanpa perlu repot-repot  lagi mengetikkan teks di google.

Kelebihan ok google antara lain memiliki tingkat akurasi suara yang cukup tinggi sehingga pengguna bisa memerintah google dengan bahasa yang tidak baku.

Jika pengguna Smartphone bisa mengunakan layanan Google Assistant dengan menginstall aplikasi Chatting Allo, Lalu bagaimana cara menggunakan OK Google dari PC atau laptop?

Cara Mengaktifkan Perintah Ok Google Bahasa Indonesia di Laptop

Cara ok google bahasa indonesia dengan mudah

Untuk bisa menggunakan layanan OK Google via laptop, pelajari terlebih dahulu cara mengaktifkan ok google bahasa indonesia di laptop.

Pertama, download dan install Google Chrome Extension

cara aktifkan ok google bahasa indonesia di laptop

Langkah pertama untuk mengaktifkan ok google adalah dengan mendownload Google Chrome Extension dengan versi Beta. Kamu bisa mendownloadnya  disini.

Google menggunakan Chrome Extension pada Google Chrome sehingga bisa mengubah cara seseorang berinteraksi dengan komputer. Ekstensi tersebut membuat pengguna bisa mengaktifkan fitur pencarian always-on dari desktop. Dengan menginstal ekstensinya, fitur pencarian suara bisa bekerja dengan baik.

Kedua, pilihlah  “agree” untuk mengizinkan penggunaan mikrofon

perintah ok google bahasa indonesia untuk laptop

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan dalam mengaktifkan ok google bahasa indonesia. Tanpa adanya akses untuk  penggunaan mikrofon, Ok google bahasa indonesia tidak bisa dilakukan. Pastikan juga mikrofon berfungsi dengan baik.

Ketiga, fitur sudah aktif

fitur terbaru ok google bahasa indonesia di laptop

Jika plugin sudah terinstal dengan baik, maka ketika pengguna membuka Google.com akan muncul fitur “Ok Google”. Fitur ini sudah aktif. Tanda bahwa fitur ini telah aktif yaitu akan keluar kata say “Ok Google” di bagian kanan kotak pencarian.

Keempat, mulai gunakan Ok Google bahasa indonesia

fitur ok google dalam bahasa indonesia di laptop

Untuk menggunakan fitur ini, cukup katakan “Ok Google” lalu diikuti dengan hal yang ingin ditanyakan kepada Google.

Keunggulan OK Google Bahasa Indonesia

Harus diakui bahwa OK google bahasa indonesia membuat siapa saja bisa mengakses informasi dengan cepat dan mudah. Ternyata, Ok Google juga memiliki kelebihan lain selain itu.

Apa saja keunggulan Ok Google Bahasa Indonesia?

1.Bisa mencari atau membuka aplikasi dengan cepat dan praktis

Ok Google bahasa indonesia memang bisa membantu pekerjaan manusia. Terlebih lagi, kamu tidak usah panjang-panjang mengetikkan kata kunci dari informasi yang ingin dicari atau untuk sekedar mencari aplikasi yang dibutuhkan.

2. Terlihat modern dan memudahkan

Dengan banyaknya teknologi canggih yang bisa kamu gunakan, maka gunakan teknologi tersebut untuk memudahkan pekerjaanmu. Jika kamu bisa mengoperasikan atau bahkan bisa menguasainya, maka kamu akan terlihat lebih modern dan dianggap tidak gagap teknologi (gaptek).

Meskipun memiliki banyak keunggulan, tetapi Ok Google bahasa indonesia juga memiliki kelemahan misalnya adanya fitur ini akan membuat perangkat lebih mudah low bat terlebih lagi di smartphone atau tablet. Selain itu, juga akan menguras banyak kuota jika pengguna memakai kuota bukan wifi yang unlimited.

Baca Juga:

Itulah cara mengaktifkan Ok Google Bahasa Indonesia di laptop. Kini, kamu bisa menggunakan fitur pencarian hanya dengan suara dan tidak perlu mengetik. Namun, sebaiknya gunakan fitur ini seperlunya saja karena akan menghabiskan banyak baterai dan juga banyak kuota.

You May Also Like

About the Author: Maulida Fadilla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *