Parah! Tutorial Lengkap Cara Bikin Ransomware Juga Beredar di Youtube

Tutorial Bikin Ransomware Sempat Beredar, AndroidSeluler.com ~  Dunia baru-baru ini dihebohkan dengan sebuah serangan virus yang cukup menganggu berbagai institusi penting di berbagai belahan dunia. Virus ini sangat cepat menyebar mulai dari Eropa hingga ke Indonesia, dan ternyata bebrerapa waktu lalu video tutorial membuat ransomware ini sempat beredar di situs berbagi video youtube. Bahkan dalam video tersebut, sang hacker menjelaskan secara detail cara untuk membuat virus tersebut.

Video Tutorial Bikin Ransomware Sempat Beredar Di youtube

Beruntung, video tutorial tersebut kini sudah dihapus oleh pihak Youtube. Dalam video tersebut tak hanya sekedar menjelaskan proses pembuatannya saja. Sang hacker juga menjelaskan software untuk membuat ransomware yang dijual cukup murah yakni 116 poundsterling. Dalam video tersebut disebutkan pula bahwa pembuatnya tidak perlu keahlian khusus di bidang  IT yang terlalu tinggi.

Di Indonesia, Ransomware Wannacry ini pernah menyerang Rumah Sakit Dharmais, Jakarta. Walaupun demikian serangan virus ini di Indonesia masih terbilang ringan dan dapat diatasi dengan cukup cepat. Berbeda halnya di Rusia , virus ransomware ini menyerang beberapa sistem jaringan vital milik kementerian dalam negeri Rusia dan Megafone yang merupakan operator seluler terbesar kedua di Rusia.

Ahli keamanan menyebut serangan cyber Wanna Crypt ini menggunakan kode-kode yang dikembangkan oleh National Security Agency (NSA) milik Amerika Serikat. Kode ini sebelumnya dibocorkan ke dunia maya oleh sebuah grup bernama Shadow Brokers.

Komputer yang menggunakan sistem operasi jadul seperti Windows XP ataupun sistem operasi baru namun yang tidak dilengkapi sistem keamanan memadai adalah target Wanna Crypt ini. Untuk itulah, salah satu pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari komputer terserang Wanna Crypt ini adalah dengan rajin update Windows.

Baca juga:

Bahkan, jika ingin lebih aman, dengan menggunakan sistem operasi selain Windows. Seperti Linux dan Ubuntu. Bila komputer anda memiliki anti-virus, jalankan full scan.  Meskipun demikian, hingga kini belum diketahui apakah telah ada komputer dengan sistem operasi Mac yang terkena virus ini atau tidak. [AndroidSeluler/Bw]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

1 Comment

  1. bos lagi rame neh virus komputer Ransomware dan Virus Wanna Cry trend di google, kita mah nyimak aja untuk update informasinya mengenai virus komputer ini.
    salam kenal om admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *