Penting! Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Kartu Memori

Perhatikan  Hal Ini Sebelum Membeli Kartu Memori, AndroidSeluler.com ~Beberapa smartphone terbaru telah dilengkapi dengan dukungan Memori internal yang cukup besar. Namun karena dirasa masih kurang dengan memori internal yang dibawanya, atau karena kebutuhan untuk menyimpan file penting sangat besar, bukan tidak mungkin anda masih membeli MicroSD. Namun anda harus tetap hati-hati saat membeli kartu memori atau MicroSD, karena banyak beredarnya MicroSD palsu, jika anda salah membeli MicroSD dampaknya anda akan rugi uang. Biar tak rugi, anda harus tahu cara memilih MicroSD yang tepat. maka perhatikan hal ini sebelum membeli kartu memori

Hal yang perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kartu memori

Seberapa besar kapasitas memori yang dibutuhkan oleh sebuah smartphone? Jika menghitung kebutuhan untuk menyimpan foto, video, musik dan aplikasi serta game, maka kapasitas memori internal sebesar 32GB sudah cukup ideal.

Jika masih kurang, tambahkan saja memori eksternal untuk menampung semua file foto atau video, serta musik. Sementara memori internal digunakan untuk menyimpan game dan aplikasi. Tapi perhatikan hal-hal berikut ya saat beli kartu memori!

  1. Perhatikan Jenis MicroSD

Sepintas anda mungkin menganggap semua MicroSD itu sama. Padahal, ada pembeda yang cukup kentara di MicroSD, yakni jenis SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity). Perbedaan keduanya ini mengacu pada besar kapasitas maksimal yang didukung.

SDHC adalah jenis MicroSD dengan kapasitas 2GB hingga 32GB, sementara SDXC sudah mendukung 32GB hingga 2TB. Jika ternyata anda menemukan MicroSD 64GB dengan tanda SDHC, bisa dipastikan itu memori eksternal itu palsu!

  1. Perhatikan Dukungan Memori Eksternal Smartphone

Satu foto dengan resolusi maksimal 16MP bisa menghasilkan besaran file foto kira-kira 7MB. Agar leluasa menyimpan foto, beli memori dengan kapasitas 64GB atau bahkan 128GB. Tapi, apa smartphone anda mendukung memori eksternal dengan kapasitas sebesar itu?

Untuk itu, pastikan dulu seberapa besar dukungan memori eksternal yang bisa dibaca oleh smartphone anda. Karena jika tidak sesuai, maka dampaknya MicroSD yang anda beli tidak dapat digunakan. Rugi, kan?

  1. Kecepatan MicroSD

Semakin cepat kecepatan MicroSD yang anda gunakan, semakin cepat pula anda bisa mengelola semua file yang ada di dalam MicroSD. Jika anda adalah pengguna smartphone yang aktif menggunakan konten multimedia di smartphone, sebaiknya minimal pilih MicroSD class 10.

kecepatan MicroSD juga ditentukan apakah jenis speed-nya UHS atau masih sebatas class. UHS adalah kepanjangan dari Ultra High Speed, yang mana lebih cepat dari sebatas yang hanya memiliki class saja.

Tips: Untuk membedakannya, di permukaan kartu memori anda akan mendapati huruf U dengan angka 1 atau 2 untuk yang UHS, sementara untuk yang type class akan nampak huruf C yang disertai angka class-nya.

  1. Perhatikan Fitur

Beberapa MicroSD dibekali fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh MicroSD jenis lain. Seperti SanDisk yang menyediakan dukungan aplikasi SanDisk Memory Zone dengan dukungan fitur Easy File Management, BackUp Protection, dan Fast Access. Selalu perhatikan fitur yang ditawarkan oleh MicroSD yang anda beli ya!

  1. Garansi

Selalu luangkan waktu untuk memperkirakan garansi dari barang yang anda beli. Bukan hanya saat Membeli Smartphone, kartu memori juga butuh garansi. Beberapa merek ternama menawarkan dukungan garansi 1-3 tahun untuk jaminan jika ada kerusakan (bukan human error).

Baca juga:

Itu dia hal-hal yang harus anda perhatikan saat membeli MicroSD. Semoga anda bisa semakin berhati-hati agar tidak rugi karena membeli MicroSD yang palsu atau bahkan tidak bisa terpakai.[Daftaraandroid/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *