8 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Mati Total

8 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Mati Total

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total, AndroidSeluler.com ~ Memakai sebuah smartphone dengan harga yang mahal, bukan berarti anda akan terlepas dari berbagai masalah. Namanya teknologi, pasti tidak akan sebaik dan semulus ciptaan Tuhan. Salah satu masalah yang mengganjal adalah, smartphone mati total.

Pasti, banyak di antara anda yang kebingungan saat smartphone kesayangan itu mati total. Maka dari itu, anda perlu membaca beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Mati Total. Perhatikan caranya di bawah ini ya.

8 Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android yang Mati Total

Jadi anda jangan terlalu panik dan buru-buru membawanya ke tukang service ketika menemukan hp anda tidak mau menyala dengan semestinya. Karena bisa jadi masalahnya sangat sepele. Simak penjelasan berikut:

1. Charger

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total, Charger Rusak

Banyak sekali kejadian kalau smartphone mati total itu diakibatkan oleh charger yang rusak. Ketika HP anda lowbat parah, jelas ponsel itu akan mati. Kemudian, anda charge dan anda tinggalkan begitu saja. Padahal, belum tentu charger itu sudah tercolok dengan baik.

Selain itu, anda juga harus memeriksa charger anda secara benar. Terkadang, bukan ponsel anda yang rusak, tetapi charger anda. Jika anda isi ulang kemudian baterai tidak kunjung terisi, cabut charger anda kemudian cari charger lainnya. Cari yang nilai amperenya lebih besar atau sebanding.

2. Smartphone Hidup Tapi Layar tidak mau Nyala

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total, Layar Rusak

Poin kedua ini adalah kemungkinan lainnya yang bisa terjadi pada smartphone Android anda. Banyak sekali yang mengalami hal seperti ini.

Jika begitu, anda bisa mencoba untuk menekan tombol power yang lama untuk dipaksa mematikan, dan kemudian nyalakan lagi. Cara memastikannya adalah, anda bisa cek dari getaran yang ditimbulkan atau suara pembuka saat smartphone baru dinyalakan.

Apabila terdengar suara dan getaran, maka anda harus siap-siap membawanya ke tukang servis untuk memperbaiki layar.

3. Smartphone Terjatuh atau Kena Air

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total Jatuh Ke Air

Poin ini merupakan alasan yang paling sering terjadi kenapa smartphone bisa mati total. Jika benar ponsel terjatuh atau kena air, mungkin perangkat anda itu jadi bermasalah dari sisi hardware atau layar.

Khusus untuk kena air, jangan memaksa menyalakan smartphone. Keringkan saja selama beberapa waktu agar air bisa keluar dengan sempurna. Sebab, bisa saja air tersebut menyebabkan korslet pada bagian inti ponsel.

4. Apakah Smartphone Mengalami Masalah Software?

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total Software Rusak

Biasanya, jika smartphone anda mengalami masalah software, maka anda akan sering kena crash, restart sendiri, dan hal lainnya yang menjengkelkan. Jadi apa yang harus anda lakukan?

Mudah, anda hanya perlu memperbaiki software dengan cara mengganti firmware. Anda bisa flash firmware baru ke HP anda. Atau, cara paling mudah adalah anda bisa reset factory untuk memperbaiki masalah software ini. Sangat gampang bukan?

5. Cek Baterainya

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total Baterai Rusak Kembung

Poin satu ini merupakan cara yang hanya bisa digunakan untuk perangkat smartphone dengan sistem baterai removable atau dapat dilepas. Dengan begini, anda bisa melihat baterainya, apakah kembung (biasa disebut gendut) atau tidak? Jika ya, anda bisa langsung beli baterai penggantinya.

Hal seperti ini memang sudah jarang terjadi. Sebab, butuh waktu beberapa lama sampai keadaan baterai bisa menjadi seperti ini. Tapi, yang namanya teknologi kadang suka tidak terduga. Bisa saja tiba-tiba baterai anda kembung tanpa alasan yang pasti.

6. Periksa Kabel Charger atau USB

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total Kabel USB Charger Rusak

Buat anda pengguna smartphone yang memang teledor, anda wajib banget melakukan poin satu ini. Ya, jika smartphone anda mati total, jangan langsung panik dulu. Apabila beberapa hal di atas itu sudah anda lakukan dan tidak menemukan solusinya, anda wajib memeriksa kabel USB atau kabel charger-nya.

Biasanya, kabel charger tersebut sudah mulai mengelupas akibat pemakaian yang sembarangan dan jorok. Maka dari itu, coba ganti kabel tersebut dengan yang masih layak pakai.

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total karena BootloopJika smartphone anda mati namun masih bisa dinyalakan meski hanya terlihat logo, itu tandanya ponsel anda bootloop. Itu artinya, smartphone anda itu tidak bermasalah, cuma memang tidak bisa berjalan secara normal saja.

Untuk itu, anda bisa melakukan hal mudah karena ada Cara Mengatasi Bootloop Tanpa Flashing Ulang. Jadi, kalau memang hal ini terjadi, jangan kaget, sekarang kan sudah ketahuan apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.

8. Tombol Power Rusak

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total Tombol Power Rusak

Tombol power adalah bagian yang sangat vital pada smartphone. Tombol fisik On/Off ini paling sering ditekan untuk menghidup-matikan smartphone atau layar sehingga sangat rentan terhadap kerusakan. Jika tombol power ini rusak, dipastikan kamu akan kesulitan menghidupkan ponsel kesayangan.

Jadi, jika Smartphone kamu tidak mau menyala, sebaiknya periksa dulu tombol powernya apakah benar-benar masih berfungsi dengan sempurna. Coba hidupkan smartphone dengan menggunakan tombol volume atau baca artikel di Cara Menghidupkan Hp Android Yang Rusak Tombol Powernya.

Baca Juga:

Demikan ulasan tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Andrid yang Mati Total. Sekarang, anda sudah tahu bukan bagaimana cara menanganinya, Jadi jangan Panik ya. Jangan lupa Bagikan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *