Tips Android

Perlukah Pasang Aplikasi Placebo Seperti Clean Master Dan Sejenisnya?

Aplikasi Placebo Tidak Mutlak Harus Dipasang, AndroidSeluler.comPengguna android mana yang tidak kenal dengan aplikasi Clean Master. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembersih cache, file sampah, dan task killer yang paling banyak digunakan. Ada juga aplikasi serupa seperti DU booster, Du baterry saver, CCleaner, Advance Task Killer dan sebagainya.

Banyak pengguna yang dia awal memiliki Android sangat terkesan dengan tampilan Clean Master yang menjanjikan. Tapi belakangan banyak juga Yang memutuskan untuk mencopot aplikasi Clean Master ini. Lalu apa yang menjadi alasan yang membuat mereka merasa tidak perlu aplikasi Clean Master, Task Killer atau android Booster? Berikut ulasannya.

Untuk mempermudah dalam penjelasaanya, kami menggunakan istilah “Aplikasi Placebo” untuk aplikasi-aplikasi task killer dan android booster dan masih banyak lagi.  Kata placebo adalah semacam candu yang seoalah menyembuhkan tapi sebenarnya tidak memberi faedah atau manfaat apa-apa melainkan kesembuhan atau manfaat semu sementara.

Fungsi Dari Aplikasi Placebo

Fungsi dan kegunaan utama dari aplikasi Placebo di atas sebenarnya lebih diperuntukan dalam hal membersihkan cache, sampah android, temporary file. Manfaat utilitas lainya mungkin hanya sekitar menghapus folder kosong, file duplikat, atau file-file besar.

Namun, sebenarnya ada aplikasi-aplikasi lain yang memiliki kegunaan serupa, tetapi tidak menggunakan daya (resource) sistem android sebesar Clean Master? contohnya saja Android Assistant. Dari sinilah muncul alasan kenapa banyak orang lebih memilih aplikasi ini ketimbang Clean Master, DU booster, CCleaner, Advance Task Killer.

Perlukah Clean Master dan Aplikasi Placebo lainya? TIDAK, Ini Alasanya

Alasan Pertama

aplikasi-aplikasi sejenis clean master bersifat resident. Maksud dari resident yaitu ketika ponsel mulai dari dinyalakan aplikasi ikut berjalan. Dan begitu pula selama ponsel hidup aplikasi ini selalu berjalan di belakang layar (background), biasanya sebagai android service.

Dampaknya dari sifatnya yang resident ini aplikasi memakan RAM dan prosesor terus menerus. Sehingga sedikit banyak menyita RAM dan malah bikin ponsel android berat.

Alasan Kedua

salah kaprah , android task killer, Aplikasi sejenis Clean Master atau aplikasi placebo lainya mereka mengklaim bisa mempercepat android. Untuk sesaat atau dalam waktu singkat mungkin iya benar. namun kenyataannya malah sebaliknya, ketika aplikasi placebo ini menghentikan aplikasi lain untuk melegakan RAM, sistem android akan merestart ulang aplikasi-aplikasi yang justru membutuhkan daya (RAM, Processor, baterai) lebih besar.

Jadi ketika anda memerintahkan aplikasi placebo untuk “optimalkan performa” maka proses tadi akan terulang, terus menerus. Sehingga pada kenyataannya aplikasi placebo ini justru menurunkan performa hingga menguras baterai secara terus menerus

Alasan Ketiga

pasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan dan tidak memberatkan ponsel android. Jika yang anda butuhkan adalah aplikasi untuk membersihkan cache, sampah android, temporary file dll. Kami sarankan, pilihlah aplikasi yg sifatnya non-resident, sehingga bisa digunakan hanya sewaktu-waktu saja ketika benar-benar dibutuhkan. Tanpa harus selamanya berjalan di background dan tidak menyita resource Android.

Jika Anda memiliki ponsel dengan spek pas pasan, hindari npenggunaan aplikasi placebo tadi, berbeda jika ponsel yang anda miliki dengan spek yang mumpuni, maka tidak ada salahnya untuk memakai aplikasi tersebut.

Solusi bagi ponsel android yang spesifikasinya pas pasan adalah dengan menggunakan Android Assistant, aplikasi kecil dengan manfaat besar. semoga bermanfaat [AndroidSeluler/Fo]

Sr. Mulya