Categories: News

Satu Lagi, Malware Berbahaya SonicSpy Menyerang Pengguna Android

Malware Berbahaya SonicSpy Menyerang Android, AndroidSeluler,com ~ Google Play Store merupakan toko aplikasi untuk smartphone dengan OS Android ini yang paling aman untuk men-download beragam aplikasi dan game di smartphone Android. Walau  punya aturan yang ketat dan pemantauan pada setiap produk baru. Namun, kemungkinan para peretas bisa saja menipu sistem keamanan dan menyuntikkan malware berbahaya.

Nah bicara tentang malware berbahaya tersemat di aplikasi android, ternyata ada kabar baru-baru ini peneliti keamanan yakni Lookout telah menemukan adanya malware mata-mata atau yang lebih dikenal sebagai spyware yang mengincar smartphone Android. Apa bahayanya?

Malware Berbahaya SonicSpy yang juga Memata – Matai Pengguna Android

Dikutip dari PhoneArena, menyatakan bahwa spyware bernama SonicSpy ini dilaporkan telah menginfeksi lebih dari seribu aplikasi. Beberapa di antaranya bahkan di Google Play Store.

SonicSpy ini menyamar sebagai aplikasi chatting palsu seperti Soniac, Troy Chat, dan Hulk Messenger. Lalu Apa yang bisa dilakukan oleh malware berbahaya SonicSpy ini?

SonicSpy ini memiliki akses penuh atas kamera dan mikrofon, dapat membuat panggilan keluar, mengirim pesan teks, mengumpulkan riwayat panggilan, kontak, dan data Wi-Fi tanpa disadari oleh penggunanya. Bahaya sekali bukan?

bayangkan saja jika tiba tiba anda mengirim pesan kepada orang yang tidak anda kenal, atau yang parahnya kamera anda berfungsi tanpa disadari tentu hal tersebut akan merekam segala keadaan yang bisa ditangkap oleh kamera tersebut.

Lookout juga menambahkan, bahwa pengembang spyware ini kemungkinan besar berbasis di Irak. Ketiga aplikasi tersebut sempat berhasil masuk ke daftar Google Play Store, sebelum akhirnya ditarik kembali.

Nah apa dan bagaimana pendapat anda? Percaya bahwa google Play Store Ini bisa ditembus keamanannya? Siapa yang tahu bukan.

Baca juga:

Jangan lupa untuk terus ikuti laman daftarandroid,com karena akan banyak sekali ulasan tentang virus dan malware berbahaya. Sekian dan ulasan diatas tadi bermanfaat untuk anda setidaknya akan menambah wawasan anda tentang malware dan virus. [AndroidSeluler/Jt]

Sr. Mulya