Perbedaan Smartphone Original, Replika, BM (Black Market) dan Refurbish

Perbedaan HP Original, Replika, BM dan Refurbish, AndroidSeluler.com ~ Di dunia gadget, ada smartphone yang dijual secara resmi, ada pula yang tidak resmi. Ada yang jual dengan status baru, ada juga berstatus Refurbished. Dan adapula replika atau tiruan atau palsu bahkan rakitan.

Perbedaan Smartphone Asli, Replika, BM (Black Market) dan Refurbish

Apa itu Hp Asli atau oroginal, Replika, BM (Black Market) dan Refurbish? Berikut ini penjelasanya

 1. Smartphone Original

Yang dimaksud smartphone original tentu saja adalah Hp asli yang mempunyai garansi resmi dan beredar secara sah di pasaran. Artinya, sebelum dirilis di pasaran, sudah diuji terlebih dahulu oleh pabrikan dan mengikuti semua peraturan yang berlaku dan membayar pajak negara.

Selain itu, smartphone yang bergaransi resmi dari parbikan, memberikan jaminan layanan purna jual (service center) yang baik dan juga seluruh fitur ponselnya, baik dari segi hardware maupun softwarenya.

2. Smartphone Replika Atau Palsu

Produk replika banyak ditemui di industry gadget, khususnya smartphone. Bentuknya dibuat sedemikian rupa, sehingga mirip sulit untuk dibedakan, dan biasanya ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah, tentunya juga fitur dan performanya jauh dibawah kualitasnya disbanding dengan yang asli. Anda dapat mengetahuinya dengan cara mudah.

HP Asli dan replika ataupun Palsu ciri umumnya adalah harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibawah harga pasaran umumnya. Karena bentuknya sangat mirip dengan HP Aslinya, smartphone Replika sulit dibedakan jika hanya melihat tampilan luarnya saja. Tetapi jika dilihat lebih seksama maka pasti akan terlihat build quantitynya yang kurang rapi. Dan satu hal yang tidak bisa dibohongi, meski tampilannya sangat mirip, fitur dan spesifikasinya tentu sangat berbeda jauh dengan yang asli.

3. Smartphone Black Market (BM)

Ada istilah Hp BM atau Black Market, Smartphone BM sejatinya adalah asli namun dipasarkan dengan harga yang lebih murah dari yang seharusnya, dikarenakan jalur pendistribusianya yang tidak resmi, bisa dikatakan illegal serta tidak melalui Bea Cukai. Perbedaan dengan yang asli jika dipersenkan hanya sebatas 20 % sampai 30%, Jika lebih dari 50 % maka anda berhak curiga

4. Smartphone Refurbished

Hp Refurbished adalah Smartphone asli yang telah direkondisi. Smartphone rusak dari proses Klaim garansi yang telah diperbaiki dari segi hardwere dan softwere sehingga terlihat seperti baru oleh pihak service center, biasanya dijual sebagai barang bekas yang terasa seperti baru dan dijual 50% lebih murah dari harga normal.

Baca Juga :

Itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan Smartphone yang asli alias original, hp replika, Black Market, juga Refurbished. Jangan pernah anda tergiur dengan harga yang Murah meriah lebih dari 50 persen harga aslinya. Selain itu, sebelum membeli smartphone, sebaiknya periksa lebih dalam seperti membuka layar dan sistem yang ada didalamnya. [Daftarandoroid/ Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

1 Comment

  1. Drastic ds emulator berkata:

    There is certainly a great deal to find out about this issue.
    I love all of the points you’ve made.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *