Inilah Kumpulan Teknologi Sederhana Yang Bisa Menyelamatkan Dunia

Teknologi Sederhana Yang Bisa Menyelamatkan Dunia , AndroidSeluler.com ~ Teknologi di dunia ini tak ada henti-hentinya berkembang, dengan membawa berbagai manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Tapi pernahkah terpikirkan oleh anda tentang teknologi sederhana yang mampu selamatkan dunia?

Dengan biaya murah dan mampu dikerjakan sendiri alias do-it-yourself (DIY), 6 teknologi ini dapat membantu kehidupan banyak orang, khususnya bagi mereka yang mengalami kesulitan ekonomi. Penasaran apa saja teknologi sederhana ini? Berikut ulasanya.

Inilah 6 Teknologi Sederhana yang Bisa Menyelamatkan Dunia

 

Lampu Botol Air Tenaga Matahari

Di daerah padat penduduk, kebutuhan akan sarana penerangan menjadi sebuah hal penting yang harus dipenuhi. Makanya, Liter of Light hadir di tengah biaya listrik yang cukup tinggi di Manila. My Shelter Foundation memanfaatkan botol plastik yang diisi air dan ditambahkan cairan pemutih untuk dijadikan sarana penerangan.

Instalasinya pun cukup mudah. Dengan melubangi atap, lampu ini dapat meneruskan cahaya matahari ke dalam rumah penduduk. Pada malam hari untuk membantu penerangan ditambahkan juga lampu LED yang dimasukkan ke dalam botol berisi air tersebut.

Pendingin Ruangan Tanpa Listrik

Di tempat yang bertemperatur udara panas dan agak susah untuk mendapatkan akses listrik. Eco Cooler menjadi solusi akan kebutuhan masyarakat sekitar akan pendingin ruangan tanpa menggunakan energi listrik.

Eco Cooler ditemukan oleh Ashis Paul di Bangladesh. Dengan menggunakan sebuah papan dan botol plastik yang dipotong kemudian disusun, Eco Cooler dapat mengalirkan udara sejuk ke dalam rumah penduduk. Bahkan, penemuan ini dapat menurunkan suhu ruangan hingga 5 derajat Celcius!

 

Mesin Cuci Tenaga Pedal

Di saat banyak orang menggunakan mesin cuci, masih banyak penduduk miskin dunia yang mencuci di aliran sungai. Tidak tinggal diam, penemuan baru akhirnya dibuat. Mesin cuci yang menggunakan tenaga pedal ditemukan oleh remaja 14 tahun asal India, Reyma Jose.

Dibantu dengan tenaga manusia, mesin cuci ini dikayuh dan tidak menggunakan energi listrik sama sekali. Saat ini, Jose yang sudah berumur 20 tahun, bekerja di India’s National Foundation, yang menciptakan penemuan-penemuan baru untuk membantu warna desa di negara asalnya.

Printer 3D dari Barang Bekas

Berbekal impian memiliki printer 3D, Kodjo Afate Gnikou malah membuatnya sendiri menggunakan barang-barang bekas. Dengan modal hanya US$100 atau sekitar Rp 1,3 juta saja, Gnikou membuat printer 3D sendiri dari scanner, komputer, printer, dan barang bekas lainnya. Hebatnya lagi, Gnikou adalah member dari salah satu hacker lokal, WoeLab.

Mesin Desalinasi Tenaga Matahari

Air bersih sudah menjadi kebutuhan tiap manusia. Namun hal ini masih sulit didapatkan di beberapa tempat di dunia, salah satunya di Gaza. Fayez al-Hindi telah menciptakan mesin desalinasi yang dapat membuat 9,8 liter air bersih per harinya.

Desalinasi adalah proses pemurnian air dengan menghilangkan polutan dan garam yang terlalu banyak dalam air. Sejak konflik antara Israel dan Palestina, 90 persen air yang dikonsumsi penduduk Gaza telah tercemar. Melalui penemuannya, al-Hindi telah membantu banyak penduduk sekitar untuk mendapatkan air bersih.

Rumah Printer 3D dari Tanah Liat

Inilah printer 3D raksasa yang mampu “mencetak” rumah dengan biaya hanya US$50 alias Rp 665 ribu saja. Bahan yang digunakan pun murah dan mudah didapatkan. Projek rumah ini dikembangkan oleh WASP, sebuah perusahaan di Italia. Dengan ditemukannya rumah printer 3D dari tanah liat ini, kebutuhan akan rumah di berbagai belahan dunia akan terpenuhi tiap tahunnya.

 

Baca juga:

Kumpulan Penemuan Teknologi Paling Penting Hingga Kini

Itulah tadi 6 penemuan Kumpulan Teknologi Sederhana Yang Bisa Menyelamatkan Dunia. Di tengah keterbatasan, nyatanya para penemu di atas mampu menggunakan barang-barang bekas untuk membantu sesama manusia. Apakah anda punya ide lain? Silahkan berbagi pada kolom komentar ya. [Daftarandoid/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *