Ternyata Ini Alasanya Kenapa Bentuk Smartphone Dibuat Persegi Panjang

Alasan Bentuk Smartphone Persegi Panjang, AndroidSeluler.com ~  Kini memang smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia. Gimana tidak, dengan semakin mudahnya smartphone didapatkan dan banyaknya aplikasi pendukung yang memudahkan manusia, wajar jika manusia jadi kecanduan smartphone.

Di balik semua itu, pernah kah anda kepikiran pertanyaan sederhana, Kenapa handphone atau smartphone rata-rata mengambil bentuk persegi panjang. Simak alasanya berikut ini.

Alasan Smartphone Bentuknya dibuat Persegi Panjang?

Lebih Nyaman Dinikmati

Anda pasti lebih suka melihat sesuatu seluas mungkin kan? Apalagi jika berhubungan dengan kebutuhan hiburan. Contohnya ketika nonton di bioskop lebih seru ketimbang nonton di smartphone. Karena memang saat melihat sesuatu lebih luas, maka anda pun akan semakin puas. Dibandingkan menikmati tampilan pada layar persegi atau lingkaran, tampilan layar persegi panjang lebih nyaman untuk dinikmati baik vertikal maupun horizontal.

Rasio Aspek

Rasio aspek adalah angka yang menunjukkan perbandingan panjang dan lebar suatu bidang gambar. Kasarnya, rasio aspek bisa juga dijelaskan sebagai proporsi tampilan gambar di layar dengan ukuran layarnya itu sendiri. Jika proporsinya pas, maka nonton atau main game pun akan semakin nyaman.

Nah, bicara soal rasio aspek, standar rasio yang bisa membuat nyaman mata manusia adalah 16:9. Nah, rasio ini tuh bentuknya persegi panjang, bukan kotak persegi yang punya rasio 1:1.

Aspek Simetris

Aspek simetris pada sesuatu hal itu sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan penglihatan kita? Bahkan pada huruf sekali pun. Nah, usut punya usut, ternyata melihat deretan huruf pada bidang persegi panjang akan membuat mata kita lebih nyaman.

Selain itu, dengan bentuk layar yang persegi panjang maka akan membuat huruf tidak akan keluar dari frame. Tapi coba deh kalo bentuknya bulat, pasti ada sebagian huruf yang terpotong di tepian frame.

Piksel itu Bentuknya Persegi

Pernah dengar istilah piksel? Piksel adalah bagian terkecil dalam sebuah gambar yang dihitung per inci. Piksel berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element.

Nah, piksel ini bentuknya kotak. Makanya setiap kali anda memperbesar gambar, maka akan terlihat bentuk kotak-kotak. Karena piksel ini bentuknya kotak, maka gambar akan lebih bagus jika mengisi tampilan persegi panjang dibanding bentuk lingkaran.

Bidang Persegi Panjang Lebih Luas Dibanding Lingkaran atau Segitiga

Menurut perhitungan, bidang persegi panjang lebih luas dibandingkan bidang lingkaran atau segitiga. Karena itulah permukaan layar persegi panjang lebih mampu menampung banyak karakter huruf.

Coba saja anda bayangkan, berapa banyak huruf yang mampu ditampung dalam lingkaran atau segitiga? Lebih sedikit daripada bidang persegi panjang bukan?

Lebih Nyaman Digenggam

Smartphone berbentuk persegi panjang lebih nyaman untuk digenggam saat digunakan. Bukan hanya digunakan, bahkan lebih nyaman saat tidak digunakan, yakni saat disimpan di dalam saku celana.

Jadi, sekarang sudah tahu kan kenapa kebanyakan smartphone bentuknya persegi panjang? Meski demikian ada loh smartphone yang mengusung bentuk aneh, seperti BlackBerry Passportyang punya desain layar kotak persegi empat. Anda pernah mencobanya? [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *