Ternyata ini Penyebab Harga Smartphone Berbeda di Tiap Negara

Penyebab Harga Smartphone Berbeda di Tiap Negara, AndroidSeluler,com ~ Banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan pasar Indonesia memberikan harga Smartphone flagship sangat mahal. Contohnya pada smartphone iPhone 7, varian paling dasar dengan penyimpanan 32 GB dibanderol Rp11.999.000. Padahal di AS cuma dibanderol Rp8,5 juta loh.

Walaupun begitu, ternyata pasar indonesia masih tergolong beruntung. Pasalnya, ada sejumlah Negara di mana masyarakatnya harus membayar lebih ketika membeli sebuah smartphone baru.

Lalu, negara apa saja yang mendapatkan harga smartphone termahal dan termurah?  Berikut ulasanya.

Negara Penjual Smartphone Termahal dan termurah di Dunia

AndroidAuthority sudah mengumpulkan data tentang harga smartphone yang dirilis di seluruh dunia,yang bertujuan untuk melacak negara mana yang mendapatkan harga smartphone termurah dan termahal.

Misalnya adalah harga smartphone flagship besutan Samsung dan Apple yakni Galaxy S7 Edge serta iPhone 7 Plus varian paling dasar yakni 32 GB.

Ternyata hasilnya sangat mengejutkan,  Amerika Serikat dan Kanada adalah Negara yang mendapatkan harga smartphone flagship termurah, diikuti Jepang, pasar Timur Tengah, Eropa, China, dan sejumlah pasar Asia.

Sementara Negara yang mendapatkan harga smartphone flagship paling mahal ialah Amerika Latin, Afrika Selatan, dan Selandia Baru, kurang lebih 25% lebih mahal.

Jadi jika bicara nominal,  di AS harga flagship Samsung dan Apple di bawah US$800 atau sekitar Rp10 jutaan. Sementara di Amerika Latin, Afrika Selatan, dan Selandia Baru dibanderol lebih dari US$1.000 atau seandar Rp13 jutaan.

Sedangkan harga rata-rata Samsung Galaxy S7 Edge 32 GB ialah US$870 atau seandar Rp11 jutaan dan Apple iPhone 7 Plus 32 GB US$973 atau Rp12 jutaan.

Smartphone Murah dari China

Jika bicara Negara di Asia, China sebagai pusat produksi smartphone di dunia tentulah mendapatkan harga smartphone baru lebih murah dan diikuti India. Sementara, Indonesia dan sejumlah Negara di kawasan Asia Tenggara lainnya mendapatkan sedikit lebih mahal.

Sebagai contoh, smartphone Xiaomi terbaru yang baru saja dirilis di Indonesia yakni Redmi 4x dan Redmi Note 4. Di negeri Tirai Bambu, Redmi 4x dibanderol 899 yuan atau setara Rp1,7 juta untuk varian dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Di Indonesia, harganya sedikit lebih mahal yakni Rp2,1 juta.

Namun pernah tidak sih anda bertanya-tanya kenapa bisa berbeda? Nah untuk mengetahui jawabanya simak nih penjelasan sederhana di bawah ini

Penyebab Harga Smartphone Berbeda di Tiap Negara

Ada sejumlah alasan kenapa harga smartphone bervariasi di setiap negara. Sebagian besar karena besaran pajak, bea cukai, dan juga peraturan pemerintah. Di Indonesia sendiri adalah Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk smartphone 4G yang dipasarkan di tanah air. Alasan lainya adalah biaya transport pengiriman.

Ya, hampir setiap bulannya smartphone baru dirilis di berbagai belahan dunia. Harga dan ketersediaan tentu bakal berbeda-beda di setiap negara.

Namun di Indonesia, walaupun harga smartphone flagship tergolong tinggi tapi masih banyak Negara yang harus menjualnya lebih mahal.

Jadi setelah mengetahui Penyebab Harga Smartphone Berbeda di Tiap Negara anda bisa ‘memakluminya’. Jika Indonesia menjadi pusat produksi seperti china mungkin akan jauh lebih murah lagi.

Baca juga:

Ulasan di atas tadi sangat bermanfaat bukan? nah makanya simak terus laman daftarandroid,com karena akan ada banyak artikel menarik dan menambah wawasan. Sekian dan semoga bermanfaat. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *