Sosial Media

Tips Menghindari Copyright YouTube Biar Tidak Kena Banned

Tips Menghindari Copyright YouTube, AndroidSeluler.com ~ Copyright Youtube merupakan hal yang selalu diperbincangkan dan dipertanyakan oleh para youtuber ataupun netizen lainnya. Ya hal ini memang sesuatu yang bisa dibilang hantu para creator di platform berbagi video tersebut.

Pasalnya banyak sekali channel yang kena YouTube Copyright Strike bahkan sannksinya bisa banned atau diblokir oleh pihak youtube dengan alasan melanggar hak cipta. Youtube memang mengedepankan hak cipta penggunannya. Jadi untuk masalah plagiat sangat tidak disukai disini.

Dalam membuat Video YouTube , selain membutuhkan software edit video serta alat dan perlengkapan anda juga harus memiliki bahan seperti video dan audio yang cukup baik agar hasil videonya juga bagus . Namun tak jarang banyak yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan video atau audio ber hak cipta tanpa izin sehingga menimbulkan masalah dalam channel youtube nya sendiri .

Oleh karena itu ,pada kesempatan yang baiki ini kami akan memberikan sedikit tips untuk Menghindari Copyright YouTube agar tidak terkena Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube seperti yang dilansir dari ngelag.com berikut .

Namun sebelumnya, ada baiknya anda pahami dulu apa itu YouTube Copyright Strike atau bisa juga disebut Pelanggaran Hak Cipta di YouTube .

Apa Itu Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube ?

YouTube Copyright Strike adalah kondisi dimana sebuah video terindikasi menggunakan konten yang tidak original milik orang lain . Biasanya Video YouTube yang melanggar hak cipta tidak bisa dimonetisasi atau dimonetisasi oleh pemilik hak cipta .

Ketika sebuah channel YouTube mendapatkan peringatan Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta pada salah satu video yang diunggahnya , ini artinya sebagian atau seluruh isi dari video tersebut merupakan karya atau properti milik orang lain .

YouTube sendiri memang sangat ketat dalam menjaga agar setiap video yang diunggah kedalam YouTube harus konten original atau konten ber hak cipta namun memiliki izin atau lisensi resmi dari pemilik aslinya .

Hal tersebut bisa anda lihat dengan adanya sebuah formulir permohonan khusus atau formulir claim bagi para pemilik karya cipta yang merasa karyanya dicuri tanpa izin oleh salah satu channel YouTube.

Pelanggaran hak cipta pada sebuah video YouTube biasanya terjadi ketika sebuah video menggunakan lagu ber hak cipta atau jika video tersebut merupakan reupload dari video ber hak cipta .

Contoh Kasus Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube

Agar lebih mudah dalam memahami mekanisme dari Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube , maka mari anda pelajari beberapa contoh kasus berikut ini :

Contoh Kasus Pertama Copyright Youtube

Joni memiliki seekor kucing yang lucu , saking lucunya Andy merekam kegiatan binatang peliharaannya tersebut dan berencana untuk mengunggahnya di YouTube . Namun karena joni sedang senang mendengarkan musik The Chainsmokers berjudul Closer , Andy menjadikan lagu tersebut sebagai backsound atau lagu latar video kucingnya tersebut sebelum mengunggahnya ke YouTube .

Lagu Closer dari The Chainsmokers tersebut merupakan lagu ber hak cipta yang sudah hanya boleh didistribusikan di Youtube oleh Vevo selaku channel resmi perusahaan rekaman musik tersebut . Akibatnya , Video jony terkena Copyright Strike secara otomatis .

Contoh Kasus Kedua Copyright Youtube

Tarno sedang menonton TV , tiba-tiba ada sebuah acara yang sangat menarik untuk ditonton . dia merasa jika video tersebut akan banyak disukai oleh ribuan viewers jika diupload ke YouTube . kemudian memutuskan untuk mencari rekaman acara TV tersebut di channel resmi milik stasiun TV yang bersangkutan .

Setelah mendapatkan video yang dia inginkan , ia lalu bergegas mengupload ulang video tersebut ke YouTube melalu akun pribadinya . Stasiun TV yang bersangkutan mengetahui aktivitas Tarno , dan merasa bahwa Tarno telah melanggar hak cipta sehingga mereka melaporkan video Tarno agar ditindak lanjuti oleh YouTube .

Nah itu kira kira contoh kasus yang padahal sepele namun berakibat fatal. Lalu bagaimana cara menghindari copyright youtube ini?

Cara Menghindari Copyright Strike Di YouTube Dengan Mudah

1. Gunakan Lagu Tanpa Hak Cipta

Jika anda hendak membuat video YouTube dan ingin menambahkan audio atau musik , maka banyak sekali musik yang bisa anda gunakan secara gratis . Beberapa audio library yang paling banyak digunakan oleh YouTuber adalah YouTube Audio Library dan NCS / Non Copyrighted Song .

2. Gunakan Lagu Populer Versi Remix atau Cover

Jika anda memiliki situasi yang sama seperti kasus Andy diatas , dimana anda ingin menggunakan lagu musisi terkenal yang sedang populer , Anda bisa mencari lagu yang anda inginkan namun dalam bentuk Cover atau Remix .

Jika sudah anda temukan jangan lupa untuk tetap meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik lagu Cover atau Remix tersebut . Biasanya meminta izin kepada mereka sangat mudah .

3. Jangan Reupload Video Ber Hak Cipta Milik Orang Lain

Jangan pernah melakukan upload ulang video youtube milik channel lain atau video dari televisi misalnya . Jika anda tetap ingin menggunakan video tersebut , pastikan tidak seluruhnya anda gunakan atau sebagian kecil saja . Penggunaan kembali video ber hak cipta diizinkan oleh YouTube selama masih masuk kedalam kategori Fair Use atau Penggunaan Yang Wajar .

4. Gunakan Video Atau Musik Berlisensi Creative Commons

Jika anda membutuhkan sebuah video dengan nuansa tertentu sebagai bahan dalam membuat konten di YouTube , anda bisa juga menggunakan kembali video berlisensi Creative Commons .

Cara mencari video berlisensi Creative Commons juga sangat mudah , yang perlu anda lakukan hanyalah menuliskan kata kunci yang relevan dengan video yang sedang anda cari dan menggunakan filter Creative Commons , untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah berikut ini :

Apa Yang Terjadi Ketika Video Terkena Copyright Strike dan Apa Yang Harus Dilakukan ?

Berikut adalah beberapa hal yang biasanya terjadi terhadap sebuah video ketika terindikasi melakukan tindakan pelanggaran hak cipta :

  • Video dimute – Video tetap ada namun suara atau audio yang melanggar hak cipta dihilangkan.
  • Video diblokir – Video diblokir secara permanen di negara tertentu atau seluruh dunia bahkan bisa berimbas kepada penghentian channel YouTube atau Channel Suspended
  • Video dimonetisasi oleh pemilik hak cipta , semua royalti atau penghasilan dari video YouTube tersebut menjadi milik pemegang hak cipta .
  • Statistik video bisa diakses oleh pemilik hak cipta .

Apa yang akan terjadi jika anda melanggar hak cipta di YouTube ?

Semua tergantung dari kasus pelanggaran hak cipta yang anda lakukan , biasanya YouTube hanya akan melakukan ke empat hal diatas , namun tidak jarang juga pelanggaran hak cipta berujung ke pengadilan dan penggantian rugi .

Baca juga:

Bagaiman, sekarang sudah tahukan Cara Menghindari Copyright YouTube ini? untuk lebih amannya jangan sedikitpun mengambil cuplikan video dari channel lain tanpa izin. Bila perlu musiknya lakukan sendiri. [AndroidSeluler/Ng]

Sr. Mulya