Xiaomi

Walau Mirip Dengan iPhone, CEO Xiaomi Tak Mau Disamakan Produknya!

CEO Xiaomi Tidak Mau Disamakan Dengan Apple, AndroidSeluler.com ~ Xiaomi adalah salah satu vendor yang memang cukup fenomenal dalam membuat produk-produknya yang mampu menembus pasar internasional. Hal tersebut nampaknya membuat banyak orang yang menyebut  Xiaomi ini mirip dengan iPhone. Kendati demikian tak lantas membuat lei Jun selaku CEO Xiaomi merasa bangga ataupun senang. Lei Jun justru tidak mau jika perusahaan yang dipimpinnya tersebut dibandingkan atau disamakan dengan perusahaan berlogo apel tersebut.

Alasan CEO Xiaomi Produknya Tidak Ingin disamakan Dengan iPhone

Harga produk-produk Apple yang dinilai cukup mahal rupanya menjadi salah satu alasannya. Lei lebih rela jika Xiaomi disamakan dengan Costco Wholesale, sebuah perusahaan retail asal Amerika Serikat. pasalnya Costco ini menjual banyak barang dengan banderol harga miring sama halnya dengan Xiaomi yang terkenal dengan produknya yang terjangkau meskipun spesifikasinya tinggi.

“Kami bukanlah Apple. Kami memiliki sistem nilai yang sama dengan Costco. Kami menginginkan agar pengguna menikmati produk lebih baik dengan harga terjangkau,” ujar-nya dalam kunjungannya ke India, seperti dikutip dari India Times, Sabtu (6/5/2017).

Seperti yang diketahui bahwa Costco menjual barang dengar margin profit kecil dan meraup pendapatan besar dari sistem keanggotaan berbayar. Hal tersebut sama dengan Xiaomi yang juga tidak mengambil margin profit yang tinggi, namun Lei berharap banyak dari penjualan aplikasi dan layanannya.

Sasaran Xiaomi memang pasar negara berkembang seperti India, Indonesia dan lainnya yang memang diketahui tidak memiliki pendapatan yang terlalu tinggi namun tetap menginginkan produk yang unggul. Xiaomi memberikan solusi dengan menawarkan produk murah dengan kualitas tinggi yang dibawanya. “Di India pendapatan warganya rendah dan setiap orang menginginkan produk yang bagus,” sebut Lei yang sekarang kekayaannya tembus USD 13,2 miliar ini.

Baca juga:

Namun demikian, berbagai  serangan dari maneuver para pesaingnya yang mulai mengetahui rahasia strategi bisnisnya dan mulai mencoba menirunya. Pihak xiaomi pun tak tinggal diam, mereka mulai mengubah strategi pemasaran dengan fokus berjualan offline dibanding online yang sebelumnya dilakukannya dan membuat namanya melambung tinggi menempati salah satu jajaran ponsel terlaris. “Semua orang sadar kalau pasar online sangat terbatas,” tambah pria asal China tersebut. [AndroidSeluler/Bw]

Sr. Mulya