Waspadalah, Ini Ciri-ciri Aplikasi Android yang Berbahaya

Ciri-Ciri Aplikasi android yang Berbahaya, AndroidSeluler.com ~ Di toko aplikasi Google Play Store Ada jutaan aplikasi dan game Android yang dapat anda temukan, baik resmi maupun tidak resmi. Jika tidak cermat, aplikasi yang anda unduh bisa saja memiliki virus berbahaya bagi ponsel anda. Tingginya Penggunaan smartphone menjadi peluang besar bagi peretas untuk menyebarkan virus lewat aplikasi gratis.


Bagaimana cara menghindarinya? Mudah saja,anda hanya perlu tahu ciri-ciri aplikasi berbahaya atau tidak di Android.

Simak ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:


1. Tidak Ada di Play Store

Pertama, menurut How to Geek, aplikasi berbahaya tidak tersedia di Play Store, tetapi hanya di situs-situs berbagi aplikasi atau blog. Memasang aplikasi berformat .apk terkadang berisiko mengandung virus.  Cermati sebelum mengunduh aplikasi Android yang tak ada di Play Store.

2. Pengembang Aplikasi Tak Jelas

Sebelum memasang aplikasi, sebaiknya periksa dahulu sumber aplikasi tersebut. Misalnya, siapa pengembang aplikasinya (developer). Jika tidak jelas atau tidak diketahui sumbernya dari mana, kemungkinan besar aplikasi tersebut kurang kredibel.

3. Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar

Apabila aplikasi yang anda ingin unduh ada di Play Store, coba perhatikan jumlah unduhan dan komentar yang ditinggalkan pengguna. Ini menjadi salah satu tolok ukur seberapa berkualitas aplikasi yang akan kita pakai.

Biasanya aplikasi yang berkualitas sudah dipakai oleh sekurang-kurangnya 1 juta pengguna dan telah mendapatkan rating 4 ke atas. Selain itu lihat pula beberapa testimoni atau komentar dari para pengguna aplikasi tersebut.

4. Reputasi 

Ciri berikutnya, aplikasi yang berbahaya memiliki reputasi yang mencurigakan baik di Google Play Store atau di komunitas Android lainnya. Cermati apabila jumlah pengunduh dan rating aplikasi rendah. Bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya.

5. Deskripsi Ngawur

Aplikasi yang berbahaya bisa juga dikenali dari deskripisi yang tidak jelas yang di-post di Play Store. Jika memang demikian, bisa dicurigai bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi perangkat anda.
Baca juga:

Itulah cara mengetahui cirri cirri aplikasi berbahaya di android yang perlu kita waspadai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan membuat anda lebih hati-hati dalam maemasang aplikasi gratis untuk android. [AndroidSeluler/Le]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *