WhatsApp Diblokir di Tiongkok, Apa Alasannya Ya?

Diposting pada

WhatsApp Diblokir di Tiongkok, AndroidSeluler.com, WhatsApp merupakan Aplikasi Chatting yang sangat popular termasuk di Indonesia. Namun berbeda di negri panda, Layanan pesan singkat milik Facebook ini, menjadi daftar aplikasi yang diblokir oleh Pemerintah sana. Pemblokiran ini sebagai upaya pemerintah memperketat pengawasan di internet.

Dilansir New York Times, Rabu (19/7/2017), Pemerintah Tiongkok memblokir sejumlah fungsi WhatsApp sejak Selasa (18/7/2017). Pengguna kini tidak lagi bisa mengirim video dan foto. Bahkan ada beberapa yang mengaku tidak bisa mengirim pesan teks.

Alasan WhatsApp Diblokir di Tiongkok

Seperti yang dilansir oleh laman Liputan6, WhatsApp dinilai sebagai layanan digital besar yang bertentangan dengan sistem kontrol dan filter internet Pemerintah Tiongkok, Great Firewall. Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah setempat tampak memperkuat kontrol internet, termasuk dengan mulai memberlakukan regulasi keamanan siber baru pada bulan lalu.

Selain itu, Partai Komunis Tiongkok juga menegur perusahaan internet Tencent perihal salah satu gim yang dinilai terlalu adiktif.

Sejumlah berita yang muncul di media mengungkap hal ini merupakan strategi pemerintah meningkatkan pengawasan di internet. Salah satu pemicunya adalah tuduhan korupsi kepada seorang pemimpin, yang disampaikan oleh seorang miliarder Tiongkok di Amerika Serikat (AS) di Twitter.

Keadaan semakin rumit karena Kongres Partai untuk menentukan pimpinan pucuk akan digelar beberapa bulan lagi. Negeri Tirai Bambu meningkatkan stabilitas menjelang Kongres Partai, yang kerap kali berujung pada pengetatan pengawasan internet.

WhatsApp pun diyakini sebagai ‘korban’ dari sejumlah peristiwa yang terjadi di negara tersebut. Menurut seorang sumber, ide pemblokiran WhatsApp berasal dari pemerintah. Sejumlah pakar keamanan juga mengonfirmasi beberapa gangguan yang terjadi pada WhatsApp, dimulai dari filter internet Tiongkok.

“Menurut sejumlah analis yang meneliti infrastruktur WhatsApp, tampaknya Great Wall memutuskan penyensoran yang secara selektif menargetkan fungsi-fungsi WhatsApp,” tutur seorang kriptografer startup riset kriptografi Symbolic Software, Nadim Kobeissi.

Masih di laman yang sama, bahwa pihak WhatsApp menolak berkomentar mengenai masalah ini. Pemblokiran WhatsApp sekaligus merupakan pukulan telak bagi Facebook dan semakin mempersulit akses layanannya di Tiongkok.

Pasalnya Situs web Facebook diblokir di Tiongkok pada 2009 setelah kerusuhan etnis di Tiongkok barat, disusul pemblokiran Instagram pada 2014 saat demonstrasi di Hong Kong.

Baca juga:

Tak Hanya Telegram, Layanan Internet ini Juga Diblokir di Indonesia

Apa WhatsApp juga akan diblokir di Indonesia prihal banyaknya berita hoax yang menyebar melalui aplikasi chatting popular ini? Bagaimana pendapat anda? Tulis di komentar ya. Terimakasih. [AndroidSeluler/Tl]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *